Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Siap Nimbrung Di Kelas Honda Jazz dan Mobil Keluarga 10 Penumpang

Iday - Rabu, 20 Februari 2008 | 23:42 WIB
Nimbrung Di Kelas Jazz dan 10 Penumpang
Nimbrung Di Kelas Jazz dan 10 Penumpang

Otomotifnet.com - Kalau GM menjuju pasar Kijang dan sejenisnya, lain halnya dengan Ford. Pabrikan asal AS ini malah berhasrat bertempur di kelas Honda Jazz. Kini mereka tengah menyiapkan mobil penumpang 4x2 yang bisa mengangkut 5 penumpang.

“Kami belum memutuskan. Yang pasti platformnya sama, tetapi modelnya akan berbeda-beda. Seperti Ford Focus yang sama dengan Mazda 3. Platform sama tetapi desainnya berbeda sama sekali,” ujar Will Angove, presiden direktur PT Ford Motor Indonesia saat acara pengujian Ford Everest yang diremajakan tampangnya, Kamis (14-15/2/2008) di Bandung.

Makanya, untuk mobil baru sekelas Jazz ini, mereka tak mau mengungkapkan seperti apa. Tetapi, Will bilang, sejak dipegang Allan Mulally, CEO baru yang diangkat pada 2006 lalu, mereka punya kebijakan ‘Satu Ford’.

Artinya, satu platform bakal dikembangkan menjadi beragam varian. “Seperti di India, Fiesta tidak dipasarkan dengan model yang persis seperti di Eropa. Walau platform sama, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan penduduk setempat,” ujar Will lagi.

Belum lama Ford memperkenalkan Verve di Frankfurt Auto Show 2007. Nah, ditengarai produk inilah yang bakal dijagokan untuk masuk ke pasar tanah air. Bila benar mobil ini yang masuk, Ford Verve yang punya pilihan tiga mesin (1.300, 1.600 dan 1.800 turbodiesel), akan berhadapan dengan Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift dan Daihatsu Sirion.

Selain bermain di kancah itu, Will Angove mengaku pihaknya kini tengah pelajari kemungkinan untuk bermain di kelas mobil 10 penumpang.

“Pasar ini terbuka. Sekarang banyak mobil lintas provinsi jarak dekat, seperti travel Jakarta-Bandung. Kita masih pelajari kemungkinan mendatangkan Ford Transit,” papar warga Selandia Baru ini.

Pasar mobil 10 penumpang ini memang belum banyak digarap. Saat ini, paling tidak pilihan yang tersedia untuk konsumen datang dari Mitsubishi L300, Kia Pregio dan VW Transporter. Kelas ini juga sudah diincar Hyundai dengan H-1 yang rencananya dijual antara Rp 350-400 jutaan.

Penulis : Riz

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa