Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Paha Rem Skutik, Panjang Lebih Enak

Otomotifnet - Sabtu, 19 September 2015 | 10:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Panjang... panjang apa yang enak? Jawabnya paha rem skutik yang lebih panjang! Bisa begitu karena beberapa pengguna skutik merasa rem belakangnya kurang mengigit, atau butuh tenaga ekstra untuk menekan tuas rem.

“Pada dasarnya bila pengungkit atau tuas lebih panjang, maka tidak membutuhkan tenaga lebih untuk menekannya. Paha rem yang lebih panjang akan membuat pengereman semakin empuk dan pakem,” buka Fajar Jaya Sukmana pemilik bengkel FJR.

Jakarta - Pria yang bengkelnya ada di kawasan Pondok Gede mencontohkan pada Suzuki Skywave. “Untuk skutik Suzuki ini bisa pakai paha rem punya Yamaha Mio,” bebernya. Cukup tebus paha rem Mio seharga Rp 14 ribu di bengkel resmi.

“Paha rem ini mempunyai gerigi as yang sama, tetapi lebih panjang dari Skywave,” ujar Aguspriadi salah seorang pengguna Skywave yang sudah menerapkan trik ini. “Remnya jadi lebih ringan tapi tetap pakem,” yakinnya.

Memasang paha rem Mio ini, dibutuhkan kunci L 6, T 10, T 12, T 14, dan ring 22. Yang pertama harus dilakukan adalah membongkar silencer Skywave dengan kunci T 12 dan L 6. Kemudian melepas swing arm serta as roda dengan kunci T 12, T 14, dan ring 22.

Setelah pelek terlepas selanjutnya adalah mencabut kampas rem belakang dan melepaskan paha rem asli Skywave dengan kunci T 10. Kemudian pasang dengan urutan terbalik. Selamat mencoba! . • (otomotifnet.com)

FJR : 085697309125

No caption
No credit
No caption

Paha rem Skywave terlalu pendek, butuh tenaga ekstra menarik tuas rem

No caption
No credit
No caption

Sebagai perbandingan, paha rem Skywave lebih pendek

No caption
No credit
No caption

Awali dengan melepas silencer knalpot pakai kunci T 12 dan L 6

No caption
No credit
No caption

Dilanjutkan dengan melepaskan swing arm, roda dan kampas rem


Tarik keluar sedikit as paha rem, kemudian ganti dengan milik Mio


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa