Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Suzuki Satria F150 2013, Siapin Budget Rp 12 Jutaan!

Otomotifnet - Minggu, 13 September 2015 | 13:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Meski sejak 11 tahun lalu belum banyak terjadi perubahan, tapi motor ini tetap diminati hingga kini. Masih menjadi idola para kawula muda


Jakarta - Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2004 silam, Suzuki Satria F150 memang banyak menjadi incaran anak muda dan para pencinta kecepatan. Dengan mesin 150 cc DOHC bertransmisi 6-speed serta didukung bobot motor yang ringan, membuat motor ini bisa berlari kencang.

Dari awal diluncurkan, motor yang memiliki kode produksi FU ini terbilang belum melakukan perubahan yang signifikan, hanya ada pada sektor headlamp, bodi dan sedikit perubahan pada mesin untuk memenuhi standar emisi. Mesin yang diusung pun masih mengaplikasi sistem karburator. Meski begitu peminatnya tidak pernah sepi, karena motor ini mudah untuk dimodifikasi.

Sebelum membeli dalam kondisi seken, baiknya periksa dulu beberapa komponen. “Problem Satria F biasanya ada pada tensioner rantai keteng, jika sudah kena suara mesin jadi terdengar kasar,” tutur Deni, mekanik Suzuki PT Mahkota Inti Sejahtera yang berlokasi di Depok. Biasanya itu terjadi jika jam terbang sudah tinggi.

No caption
No credit
No caption

Takometer analog dan spidometer digital, dilengkapi juga dengan shift light

Selain itu, motor ini juga tidak memiliki bagasi penyimpanan di bawah jok, jadi agak merepotkan jika harus membawa perlengkapan berkendara. Kemudian konsumsi BBM-nya juga tergolong agak boros, karena harus membayar performa mesin yang disuguhkan Satria F.

Serta hati-hati dalam perawatan spidometer analog-digitalnya, sebab pernah ditemukan problem  korslet atau error pada saat mencuci dengan air bertekanan tinggi. Harga jual di pasaran motor bekas untuk Satria F lansiran tahun 2013 masih berkisar Rp 12 juta sampai Rp 13 juta. Diantara motor Suzuki yang lain, Satria F memiliki resale value cukup bagus.
(otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Cek bagian knalpot, biasanya banyak yang dibobok

Plus:

1. Mesin terkenal kencang
2. Handling bagus dan lincah
3. Mengusung model ayam jago

Minus:

1. Konsumsi BBM cukup boros
2. Volume tangki bensin agak kecil
3. Tidak ada bagasi penyimpanan di bawah jok

Spesifikasi Singkat:

Kapasitas mesin: 150 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder DOHC oil cooler
Transmisi: 6 speed M/T

No caption
No credit
No caption


Menakar Biaya Servis :

Kalau habis membeli motor bekas, enaknya langsung pergi ke bengkel untuk melakukan servis berkala serta pengecekan komponen agar ketahuan jika sudah ada yang minta jajan. Ini bertujuan untuk memperbaiki performa motor, khususnya pada mesin Satria F.

Buat servis berkala, jasanya cukup Rp 50 ribu. Kalau mau servis besar agar performa kembali optimal dikenakan biaya jasa Rp 130 ribu. Jika ditemukan kerusakan berat dan mengharuskan overhaul, ongkosnya Rp 250 ribu.

Untuk biaya servis kelistrikan, ada dua jenis. Servis kelistrikan kecil biayanya Rp 20 ribu dan kelistrikan besar Rp 40 ribu. Lalu untuk kuras tangki bensin biayanya cukup Rp 25 ribu. •



Jika jam terbang sudah tinggi baiknya ganti gir set

Harga Komponen
Busi Rp 16.000
Kampas rem depan Rp 42.000
Kampas rem belakang Rp 52.000
Kampas kopling Rp 150.000 /set
Oli mesin Rp 45.000
Gear set Rp 192.000
Filter udara Rp 38.500
Filter oli Rp 8.000
 Sumber: Suzuki PT Mahkota Inti Sejahtera, Jl. Margonda Raya No. 209, Depok. Telp. 021-77213008 / 021-7777804

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa