Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Lolos EURO 3, Ini Perbedaan Yamaha Vega Force Dengan Generasi Sebelumnya

Denta - Jumat, 4 September 2015 | 16:56 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Meski mesin dan bodi serupa dengan Yamaha Force, ada beberapa perbedaan pada dapur pacu untuk memenuhi standar EURO 3. Yamaha Vega Force memiliki sedikit perbedaan pada sektor mesin.

Perbedaan pada mesin ada di sektor pengabutan bahan bakar. "Throttle body dan ECU Vega Force kini menggunakan Keihin, sedangkan Force terdahulu menggunakan Mikuni. Selain itu intake manifold-nya juga di revisi, lebih mirip Jupiter Z1," ujar M. Abidin, GM Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Pemilihan Keihin ini bertujuan untuk menghemat cost produksi. Karena keihin juga merupakan vendor dari throttle body dan ECU Yamaha Jupiter Z1 dan skutik Yamaha. “Intake manifold dan posisi injektor juga diubah, lebih mirip Jupiter Z1, flow lebih bagus sehingga lebih bertenaga tapi makin irit,” terang Ridwan Arifin, Service Education PT YIMM. Diameter tetap 24 mm.

Penyesuaian lain agar lolos Euro3 pada knalpot ada penambahan beberapa logam di catalityc converternya. “Seperti di V-Ixion Advance, ada rodium, paladium dan platinum,” lanjut warga Bogor ini. Sisi mesin tetap andalkan forged piston.

Dirilisnya Yamaha Vega Force ini, Vega RR dan Force terdahulu resmi discontinue. Vega Force memiliki target penjualan 8-10 ribu unit per bulan. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Denta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa