Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berapa Tenaga On Wheel All New Honda CB150R? Nih Hasil Dyno!

Dimas Pradopo - Senin, 31 Agustus 2015 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Data performa yang ditampilkan pabrikan motor di brosur maupun website resminya, biasanya berbeda dengan yang terbaca pada roda atau on wheel. Terjadi karena pabrikan biasanya mengukur dari poros kruk as, sehingga belum ada kehilangan tenaga dan torsi dari slip di kopling, gesekan di rasio sampai bobot motor sendiri.

Nah berapa sih tenaga on wheel All New Honda CB150R StreetFire? Kebetulan OTOMOTIF sudah dapat unit tesnya nih. Maka langsung saja motor dengan mesin generasi terbaru ini digiring ke Sportisi Motorsport di bilangan Rawamangun, Jaktim.

Menggunakan dynamometer Dynojet 250i, CB150R terbaru diukur beberapa kali sampai mendapat angka paling maksimal. Dan ternyata tercatat tenaga maksimal 14,65 dk di putaran mesin 9.100 rpm, sedang torsi 13 Nm di 7.000 rpm. Angka itu sedikit lebih rendah dari klaim Honda, yaitu tenaga 16,7 dk @9.000 rpm dan torsi 13,8 Nm @7.000 rpm.



Grafik tenaganya terlihat naik linear sejak bukaan gas di 4.000 rpm, kemudian turun perlahan setelah peak power di kisaran 9.000 rpm. Sedang torsi sudah langsung sekitar 11 Nm sampai 5.000 rpm lalu naik perlahan sampai maksimal di 7.000 rpm, kemudian turun perlahan. Dari grafik ini terlihat kalau limiter dipatok di sekitar 10.800 rpm.

Sebagai catatan bahan bakar yang digunakan saat pengetesan pakai Pertamax. Hemmm.. setelah ini tentunya penasaran, bedanya dengan CB150R lama, atau malah dengan Honda Sonic yang mesinnya sama. Sabar, datanya sedang kami siapkan! (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa