Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Sakelar Bajaj Pulsar 135 di Yamaha NMAX, Wuih Bisa Nyala

Otomotifnet - Senin, 14 September 2015 | 09:56 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Masih ingat ketika banyak pengguna Yamaha Nouvo yang pasang panel sakelar lampu Bajaj Pulsar 135? Jadi lebih keren karena semua lambangnya bisa menyala! Dan kini, virus ini menjangkiti komunitas Yamaha NMAX.

Sakelar model ini jadi incaran, salah satunya dipasang oleh Yusuf Fajar Maulana, dari Kampung Pulo Pinang Ranti, Jaktim. “Keren dan tampilannya jadi lebih elegan dengan sakelar ini,” yakin pria yang mempercayakan pemasangannya pada Gol’s Motor.

“Proses cukup rumit, apalagi skutik ini pakai AHO (Automatic Headlamp On), penyambungan kabelnya harus hati-hati,” jelas Ajat Sujatmika, pebengkel yang gerainya ada di Jl. Masjid Nurul Hidayah, Jaktim sembari memperlihatkan cara pasangnya. Yuk ikuti! . • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Persiapkan dulu peralatannya. Tentunya butuh satu set sakelar Bajaj Pulsar 135, tang, tang potong, isolasi bakar, isolasi biasa, sekun kabel, kabel biasa yang panjangnya sekitar 50 cm dan kunci pembuka bodi.

No caption
No credit
No caption

Lepas cover stang, lepas sambungan kabel dan juga lepas sakelar orisinalnya. Langkah awal, pasangkan dulu sakelar yang baru pada posisi seperti semula mengurut kabel-kabelnya lebih mudah. Kabel gas yang aslinya dua, kita pakai satu saja karena sakelar ini cuma mempunyai satu buah lubang buat kabel gas.

No caption
No credit
No caption

Karena aslinya lampu langsung menyala pada saat putar kontak, maka pada kabel lampu depan bisa dibuatkan sakelar ON/OFF. Masih pada area ini, sekalian dibuatkan juga kabel baru untuk mengaktifkan engine cut off yang diambil dari kabel kunci kontak, posisinya ada di atas lampu utama. Ajat juga membuat jalur kabel baru agar lampu pada sakelar akan menyala saat tombol lampu digeser ke posisi lampu senja.

No caption
No credit
No caption

Setiap sambungan antar kabel sebaiknya gunakan isolasi bakar. Tujuannya agar sambungan tersebut terhindar dari masuknya air yang bisa beresiko korsleting dan juga lebih terlihat rapi.


Setelah semua kabel terpasang dan terbungkus dengan rapi, jangan buru-buru pasang cover stang, tapi jajal dulu apakah semua lampu di saklar menyala. Kalau sudah terpasang keren kan!

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa