Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Servis 3 Tahun Kawasaki Ninja 150R, Wajib Ganti Tiga Komponen

Otomotifnet - Kamis, 17 September 2015 | 14:39 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

“Yang terpenting jangan sampai lupa atau mengecek oli samping,”


Jakarta - Besutan 2-tak legendaris, Kawasaki Ninja R/RR/SS ini belum lama discontinue alias sudah gak diproduksi lagi. Namun, urusan soal spare part jangan khawatir karena sudah dipersiapkan sampai 8 tahun ke depan. Jadi yang mau servis tetap lengkap komponen penggantinya!

Urusan servis ringan, kita bahas khusus besutan yang masih baru ya. Menurut buku panduan jadwal servis berkala Ninja 150 2-tak ini interval-nya mulai 500 km, 3.000 km, 6.000 km dan seterusnya kelipatan 3.000 km, sedang dalam skala waktu bulan ke-2, ke-4, ke-6 dan seterusnya.

No caption
No credit
No caption

Setiap jarak tempuh 12 ribu km atau 1 tahun sekali, busi wajib ganti baru

“Meski sudah mencapai 3 tahun atau sekitar 36.000 km, servis tetap dilakukan sesuai prosedur berkala,” saran Eddy Yulianto, Kepala Mekanik dealer Kawasaki Fatmawati, PT Super Sukses Motor (SSM). Selain membersihkan karburator, perlakuan yang dilakukan meliputi pengecekan atau periksa tekanan udara ban, suspensi, sorot lampu depan, kerusakan bearing, keausan rantai roda, fungsi kerja rem, batas ketinggian minyak rem, ketebalan kampas rem, saklar-saklar, dan kelistrikan.

Pria ramah ini menjelaskan, pergantian part pada usia motor 3 tahun hanya 4 item komponen. Yakni, busi, water coolant, O-ring kepala silinder dan selang radiator. Selebihnya sesuai kondisi motor saja. Dan yang terpenting pada tunggangan Ninja 2-tak ini jangan sampai lupa mengecek keberadaan oli samping. Kalo sampai kehabisan bisa fatal akibatnya. Yakni, berpotensi membuat piston macet atau ngejim karena pelumasan di ruang bakar berkurang drastis, efek buruknya akan membuat dinding silinder baret.

“Blok set Ninja R/RR ini gak bisa di oversize dan harus ganti baru. Biayanya cukup mahal total komponen itu sekitar Rp 2,5 jutaan,” urainya. Nah, daripada kantong jebol, mending servis rutin dan cek olinya deh, bro! • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Dalam jangka waktu 3 tahun O-ring kepala silinder wajib ganti, karena sudah mulai getas dan bisa membuat oli mesin atau water coolant rembes

No caption
No credit
No caption

Pergantian lain jika filter udara sudah mencapai waktu 2 tahun

No caption
No credit
No caption

Begitu juga pada selang radiator harus ganti saat usia motor sudah lebih 3 tahun
 

Minimal tiap dua bulan pengecekan Super KIPS atau tiap menempuh jarak 3.000 km

Bersihkan SUPER KIPS

Selain pengecekan seperti disebutkan di atas, “Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) juga harus dibersihkan secara berkala,” tambah pria ramah ini. Super KIPS berfungsi sebagai katup buka-tutup sebagian lubang exhaust. Membuka ketika putaran mesin 7.000 rpm dan menutup di bawah 7.000 rpm.

Agar enggak mudah aus karena gesekan, Kawasaki memberikan pelumasan berupa oli. Namun lama kelamaan oli ini bisa mengendap dan bikin macet dalam keadaan membuka atau menutup. Akibatnya enggak enak di rpm tertentu, artinya harus dibersihin secara berkala nih. Masih menurut Eddy, paket dan biaya servis Super KIPS ini dilakukan secara terpisah dari servis ringan atau besar, harus keluar kocek ekstra. •

Daftar harga part
Kampas rem depan-belakang (43082-0024) Rp 93 ribu
Busi NGK B9ES (92070-0027) Rp 26 ribu
Busi NGK B8ECS (92070-O001) Rp 57 ribu
O-ring silinder Rp 8 – 10 ribu
Selang radiator A (39062A-1432) Rp 15 ribu
Selang radiator B (39062B-1437) Rp 22 ribu
Oli samping KGO Rp70 ribu
Oli mesin KGO Rp 45 ribu
Jasa servis ringan Ninja 150 R, Rp 50 ribu
Jasa servis ringan Ninja 150 RR, Rp 75 ribu
Jasa servis SUPER KIPS, Rp 50 ribu
Kawasaki SSM Fatmawati: 021-75912429



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa