Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi Chevrolet Captiva Bikin Mengemudi Jadi Lebih Maksimal

Denta - Jumat, 11 September 2015 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Berkendara di kondisi jalan yang beragam memang butuh keterampilan tinggi agar mobil tetap terkendali dan nyaman. Apalagi permukaan jalan memiliki kontur yag berbeda. Jika tidak hati-hati bisa mengurangi kenyamanan. Namun saat ini semua itu bisa diatasi dengan kemajuan teknologi. Seperti yang dilakukan Chevrolet dengan menerapkan teknologi traction control dan fitur four wheel drive pada New Chevrolet Captiva 2015.

“Fitur ini membuat driving ability menjadi lebih maksimal, karena bisa mengontrol kendaraan sesuai kondisi jalan. Perjalanan pun jadi lebih aman dan nyaman,” ujar Dadan Ramadhani, Direktur Customer Care GM Indonesia. Tujuannya tentu untuk kepuasan konsumen.

Teknologi traction control berfungsi untuk mengatur porsi besaran putaran di roda dari selip dan tanpa traksi. Ada sensor di roda yang terhubung ke electronic control unit (ECU) atau komputernya mobil.

Jadi jika permukaan ban selip akibat jalan licin, otomotis ECU akan mengoreksi putarannya agar ban tidak spin berlebihan. Sehingga pijakan roda ke aspal tetap mantap. Atau tenaga mesin tidak terbuang percuma. Biasanya berguna saat berkendara di jalan yang permukaannya licin seperti saat hujan.



Asyiknya, Captiva juga dilengkapi system penggerak 4WD yang bisa secara otomatis menyesuaikan permukaan jalan yang dilalui atau disebut juga Active On Demand 4WD. “Jadi sistem 4WD secara elektronik akan diaktifkan sesuai kondisi permukaan jalan,” tambah Dadan.

Saat kondisi jalan normal, sistem ini akan memberikan perintah hanya untuk menggerakkan roda depan saja sehingga lebih hemat bahan bakar. Lain lagi jika menghadapi jalan yang terjal, licin ataupun berlumpur, sensor akan melapor ke ECU untuk mengaktifkan Active Coupling Differential (sistem pembeda kopling aktif) untuk membagi torsi ke roda belakang.

Semuanya dilakukan secara otomatis dengan pembagian gerak roda depan atau belakang dengan komposisi 50:50, 60:40 dan 70:30 sesuai dengan kondisi jalan yang dihadapi. “Tujuannya agar saat bermanuver jadi lebih stabil dan performa kendaraan juga maksimal,” ucap pria ramah ini.

Sistem ini bekerja berdampingan dengan sistem Active Torque On Demand yang menyesuaikan distribusi tenaga yang seimbang antara poros depan dan belakang. Mantab kan!...Buat yang masih penasaran silahkan kunjungi www.chevrolet.co.id  atau hubungi Customer Assistance Center Chevrolet di 0800 10 24389 (CHEVY). 

Editor : Denta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa