Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda HR-V Prestige 1.8 2015, Pertama di Indonesia

Otomotifnet - Kamis, 10 September 2015 | 16:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sudah ada tiga unit HR-V di Asia yang menggunakan suspensi udara. Namun SUV berkelir putih ini menjadi yang pertama di Indonesia


Jakarta
- Sekian lama enggak main modifikasi, Dimas Nurfiansyah ‘gatel' untuk mendandani tunggangan pribadi sang istri. "Sebenarnya beli ini buat istri gue, namun kok dilihat-lihat lucu juga kalau dimodifikasi," kekeh Dimas, panggilan akrabnya.

No caption
No credit
No caption

Untuk audio berencana ditambah lagi spesifikasinya


SUV biasanya punya ground clereance agak tinggi. Namun tidak pada besutan kesayangan Dimas. Tampilan super-ceper dihasilkan berkat pemasangan suspensi udara. Untuk mewujudkan konsep modifikasinya, Dimas mempercayakannya kepada bengkel modifikasi ternama, yakni Akasia Motor, di bilangan Pondok Gede, Jaktim.

No caption
No credit
No caption

Penataan tabung beserta kompresor udara belum sempurna

Tanpa pikir panjang, Dimas ingin jadi yang pertama di Indonesia. Tapi karena belum ada yang jual bolt-on untuk HR-V, marketing manager sebuah perusahaan oli ternama ini memutuskan untuk tetap menggunakan sokbreker standar. Namun pernya diubah menggunakan balon udara.

No caption
No credit
No caption


Berkat keahlian Raya Irwansyah, pemilik Akasia Motor, pemasangan tersebut berhasil. Cara memasangnya pada bagian depan, dibuatkan braket untuk dudukan balon menggunakan besi pelat setebal 6 mm. Ukurannya mengikuti diameter mangkok per standar.

No caption
No credit
No caption

Enggak berniat main mesin, Hanya memasang knalpot bikinan HKS


Pindah ke kaki-kaki belakang. "Karena suspensi belakang HR-V sokbreker dan per terpisah. Jadi setelah dibuat braket, per udara dibor ke dudukan per belakang," jelas Iwan, panggilan akrab Irwansyah. Penempatan tabung kompresor, ditaruh di bagasi bersama seperangkat audio.

Tekanan 50 psi pada depan & 40 psi pada belakang, dirasa pas untuk dibawa harian.


Tak hanya tampil amblas dong. Mempercantik bagian ‘sepatu', Dimas mendatangi Riverside Wheels di bilangan Kampung Melayu, Jaktim. Sesampainya di sana, penghobi golf ini jatuh hati kepada pelek Jepang, yakni Kranze Bazreia berdiameter 19 inci dengan lebar belang, yakni 8,5-9,5 inci. Untungnya sepatbor HR-V terbilang lega, jadi enggak ada ubahan apapun saat memasangnya.
 • (otomotifnet.com)

Plus:
- Berhasil menjadi yang pertama pakai airsus di Indonesia

Minus:
- Penataan ruang bagasi perlu ditata lagi

Data Modifikasi
Mesin: Muffler HKS, Pivot Throttle control Kaki-kaki: Pelek Kranze Bazreia R19 x 8,5 (depan) - 9,5 (belakang), ban Toyo DRB 225/35R19, Per Universal Air (airsus) Audio: 3 way Cello speaker, power Lanzar 6 channel, subwoofer Lanzar solobaric Ekterior: Window visor Modulo, custom sill plate, spoiler belakang Modulo





Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa