Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Mazda RX-8 2005, The Pinky Rotary

Otomotifnet - Selasa, 1 September 2015 | 17:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Walaupun pink identik wanita, namun tidak ada salahnya pria juga menyukai warna tersebut. Tidak berarti ada kelainan loh


Jakarta
- Ridwan Harso, pemilik kendaraan bermesin rotary ini cowok tulen. Maka dari itu syarat kendaraan miliknya haruslah berwarna pink. Tentu tidak cukup hanya mengubah warna. “Tangan suka gatel untuk mengoprek kendaraan," terang pemilik bengkel modifikasi bodi Glow Auto Modif. Hmmm, asal jangan pas nyetir disangka cewek saja ya bos soalnya pakai kendaraan pink sih. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


Ruang mesin baru sekadar main dress-up saja tidak ada penambahan performa signifikan


EKSTERIOR

Bumper depan dan belakang serta side skirt segera berganti dengan ings +1, tuner asal Jepang. Body kit ini cukup banyak digandrungi pemilik RX-8 di dunia, lantaran desainnya simple namun tetap sporty. "Body kit ini menggunakan bahan fiberglass dengan bobot 4 kg untuk bumper depan tanpa cat dan epoxy," jelas pria yang doyan makan sushi ini.

No caption
No credit
No caption

Engsel pintu dibuat custom dan ditopang 2 buah sokbreker


Hal ini bisa dihasilkan lewat metode cetak dari bumper asli ings +1. Kalau buat secara custom, rata-rata pasti berat. Virus vertical door atau yang lebih sering disebut pintu gunting rupanya masih diminati oleh pria berumur 33 tahun ini. Cara membuatnya tentu tidak terlalu sulit jika sudah spesialis di bengkel modifikasi bodi. Harus membuat engsel terlebih dahulu.

No caption
No credit
No caption

Interior two tone ditambah dengan panel-panel carbon kuning


Bahannya dari pelat besi 4 mm yang dibentuk seperti boomerang. Kemudian engsel tersebut dilas ke bagian pintu dan sasis. Nah untuk menopang pintu ketika di atas, digunakanlah sokbreker bagasi kepunyaan Suzuki APV, masing-masing butuh 2 buah sokbreker.

No caption
No credit
No caption

Indikator buat sekedar tampil ala race car


Salah satu pengerjaan yang cukup sulit lainnya adalah saat proses wrapping bodi. Dikarenakan stiker bahan chrome yang digunakan lebih tipis dibanding warna solid atau doff. Jelas ini butuh teknik dan ketelitian ekstra. "Prosesnya memakan waktu seharian, itu juga dikerjakan oleh 4 orang," jelas pria yang membuka bengkel di bilangan Gardu Asem Kemayoran, Jakpus.



INTERIOR

Sektor kabin tidak banyak berubah, tapi sangat kontras terlihat perpaduan warna hitam dan kuning di interior. "Sengaja pilih warna kuning, karena warna ini favorit pacar saya," ujar pehobi nonton bioskop ini. Sekalian panel-panel dilapis dengan bahan carbon serat kuning agar matching dengan warna di kabin. 

No caption
No credit
No caption

Bahan jok menggunakan kulit sintetis lansiran MBtech dengan double stiching


Bagian tersulit dalam melapis panel dengan bahan carbon adalah, garis-garis serat harus lurus tidak boleh ada yang melenceng atau miring. Apalagi pada bidang yang banyak lekukan harus detail.

MESIN

Tenaga mesin 2 rotor ini dirasa sudah cukup. Maka dari itu, mesin cukup diberi sentuhan ringan saja sekadar ganti catback exhaust agar gas buang sedikit lebih plong. Lainnya hanya pemanis saat kontes agar tidak terlalu terlihat standar di ruang mesin.



Pelek diameter 19 inci dan ebar 10,5 inci di RX-8. No problem!


Selain itu Ridwan sengaja tidak mau mengoprek mesin karena tipikal mesin rotary sudah cukup boros dibandingkan mesin konvensional inline atau konfigurasi V. Tutup boks sekring dan relay ikutan dilapis dengan bahan serat carbon warna merah agar matching dengan body wrap pink chrome.

KAKI-KAKI

Setting bagian ini juga harus memiliki jam terbang yang cukup. Terlihat simple namun tidak gampang menentukan offset yang pas, kenyamanan, keamanan. Maka dari itu sebagai basic dipilih coilover buatan Tein tipe Super Street, agar lebih mudah mengatur ground clearance dan masih nyaman dipakai sehari-hari. Pelek celong buatan Volk Racing Jepang juga terlihat manis menggantikan pelek standar.

Plus:
- Hampir semua dikerjakan sendiri membuat biaya modifikasi lebih murah

Minus:
- Sayang ruang bagasi tidak diisi in car entertainment sama sekali

Data Modifikasi:
Mesin: Saringan Udara Custom Pivot Volt Stabilizer D1 Spec (Oil Catch Tank + Ground Wire) Custom ATF Cooler Slang Samco Tanabe Cat Back Exhaust Eksterior: Bodykit ings +1 Body Wrapping Pink Chrome Custom (Spion + Ducktail) Konversi Pintu Vertikal Custom LED Interior: Panel-Panel Lapis Carbon Kuning Retrim Jok + Doortrim MBtech Greddy Indikator Kaki-Kaki: Pelek Volk Racing GTV 19x(9.5+10.5) Ban Depan Accelera 235/35 R19 Ban Belakang Accelera 275/30 R19 Coilover Tein Super Street Tanabe Lower Bar Depan Belakang Mur Roda Volk Racing Titanium


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa