Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Suzuki New Ertiga, Benarkah Semakin Mengerti Keluarga?

Jumat, 11 September 2015 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Cirebon - Kota Cirebon jadi saksi bagaimana semua penyempurnaan yang dilakukan Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Suzuki Ertiga benar-benar membuatnya menjadi mobil yang semakin mengerti keluarga. Apakah berhasil?

Secara tampang, memang terjadi ubahan pada Suzuki New Ertiga, namun yang lebih bikin penasaran tentu saja usungan fitur-fitur baru yang menunjang kenyamanan  pada kabinnya, termasuk sensasi mengemudi pada New Ertiga.
No caption
No credit
No caption

Unit yang diuji New Ertiga GX transmisi manual dan otomatis. Suara mesin dinyalakan, dari dalam kabin sama sekali tidak terdengar suara dan getaran. Posisi duduk, visibilitas, sama sekali tidak berbeda dengan model sebelumnya. 

Masuk ke gigi satu, ini yang bikin penasaran apalagi sudah mengetahui ada 8 ubahan pada sektor mesin. Akselarasi yang ditawarkan terasa lebih lembut, tidak terlalu menyentak dan tidak butuh terlalu meninggikan putaran mesin.
No caption
No credit
No caption

Tapi asiknya, tenaga yang ditawarkan memang berkurang, dari sebelumnya 95 dk kini menjadi hanya 92 dk. Namun, torsi yang didistribusikan terbilang merata pada tiap-tiap perpindahan gigi. Jadi, enggak heran kalau pada posisi gigi tiga atau 4 mobil ini masih bereaksi ketika pedal gas diinjak spontan.

Pun begitu dengan transmisi otomatis, putaran mesin yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi untuk mengail tenaga guna menggerakkan mobil dari diam. PErpindahan gigi juga terbilang lembut, meski agak sedikit menghentak. Namun, semua itu bukan masalah, toh sampai kecepatan 160 kpl pun Suzuki Ertiga masih bisa digeber.
No caption
No credit
No caption

Handling yang dirasakan saat berkendara pelan terbilang nyaman. Redaman suspensi New Ertiga yang tanpa ubahan dari model sebelumnya memang menawarkan redaman yang empuk. Sayangnya, saat dikebut pada kecepatan tinggi dan angin kencang, bodi mobil masih terasa goyang, sehingga butuh melakukan koreksi pada setir berkali-kali.

Satu lagi yang dirasa cukup mengganggu saat New Ertiga diajak ngebut. Posisi antena di tengah atap sepertinya kurang pas, karena ketika antena ditinggikan maka dalam kecepatan tinggi akan terus menerus memukul-mukul atap mobil, sehingga cukup mengganggu karena suara berisik mirip hujan deras yang menimpa atap.

Namun soal kenyamana kabin, Suzuki New Ertiga cukup baik memanjakan pengemudi dan penumpang. AC double blower dingin sampai baris ketiga, ditengah siraman sinar matahari dengan suhu menyentuh 36 derajat.

Soket charger yang tersedia pada baris kedua juga berfungsi sempurna dan membuat perjalanan menenangkan karena tidak lagi takut ponsel lowbat. Ruang kaki baris kedua yagn leluasa, karena kursi bisa dimaju mundurkan, juga pelipatan kursi 50:50 pada baris ketiga, memudahkan pengaturan barang.

Kesimpulannya, dengan semua ubahan yang ditawarkan Suzuki pada New Ertiga, diklaim membuat low MPV ini semakin mengerti keluarga. Dan Suzuki berhasil membuktikannya pada Suzuki New Ertiga. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa