Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Solenoid VANOS BMW E90 320i, 30 Menit!

Otomotifnet - Kamis, 10 September 2015 | 14:13 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Memang tidak ada aturan baku yang mengharuskan membersihkan solenoid VANOS (Variable Nockenwellen Steuerung) setiap berapa KM. Namun tidak ada salahnya hal ini dilakukan setiap 30.000 atau 35.000 KM. Tentu ada alasannya, namanya mekanisme VANOS, tentu sangat berhubungan dengan oli.

Jika tersumbat karena kerak-kerak oli, kemungkinan mekanisme VANOS tidak bekerja. "Apalagi jika menggunakan oli yang tidak sesuai spesifikasi yang direkomendasi pabrikan, atau bahkan sering telat mengganti oli yang akan membuat tumpukan kerak semakin banyak," terang Edi, pemilik bengkel Service Station, spesialis BMW di bilangan Jembatan Lima, Jakpus.

Jangan takut soal biaya dan waktu. Jika ingin do it yourself juga bisa kok. Estimasi waktu yang diperlukan sekitar 20 hingga 30 menit. Terpenting sudah menyiapkan tools yang diperlukan secara lengkap. Siapkan 1 kaleng carburetor cleaner, kunci L bintang 4 mm, kunci ring 10 mm, obeng minus dan kain lap. Nah ikuti panduan OTOMOTIF berikut ini ya. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

1. Mengakses ke solenoid VANOS perlu melepas radiator support. Caranya tidak sulit, hanya ada 3 baut bintang. Gunakan kunci L bintang 4 mm, tinggal putar ke arah kiri seperti mengendurkan baut biasa. Kalau 3 baut sudah lepas, tinggal mengangkat cover atau radiator support.

No caption
No credit
No caption

2. Pakai kunci ring 10 mm untuk melepas bracket solenoid VANOS. Prosedurnya sama saja kok, tinggal putar berlawanan arah jarum jam. Ada 2 bracket solenoid dengan 1 posisi atas dan 1 lagi posisi bawah.

No caption
No credit
No caption

3. Buka klip pengunci soket solenoid VANOS. Tarik menggunakan obeng minus perlahan-lahan. Tidak perlu sampai lepas klipnya, cukup sampai terangkat sedikit saja.Tarik soket solenoid VANOS hingga terlepas. Tarik keluar solenoid Vanos, lakukan 1 per satu saja agar tidak bingung. Solenoid atas untuk camshaft intake dan solenoid bawah untuk camshaft exhaust.

No caption
No credit
No caption

4. Pastikan O-ring solenoid VANOS tidak menempel di solenoid. Biasanya masih tertinggal di lubang solenoid kepala silinder. Bersihkan dengan menggunakan carburetor cleaner. Pastikan sudah benar-benar bersih dan kering sebelum dipasang kembali.

5. Masukan O-ring hingga ke ujung solenoid dekat soket. "Oleskan sedikit oli mesin di O-ring tersebut sehingga memudahkan saat memasukan ke dalam lubang solenoid VANOS di kepala silinder," tambah pria bertubuh tinggi ini. Hal ini juga memperkecil resiko O-ring rusak atau sobek dalam proses memasang kembali.


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa