Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Ringan Belanja Aksesoris Mobil Ekonomis Ditengah Krisis

Otomotifnet - Senin, 21 September 2015 | 09:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta
- Meski hampir semua kebutuhan pokok otomotif sudah mulai naik ketika krisis ekonomi di depan mata, tapi bukan berarti Anda berhenti berbelanja. Bila kebutuhan servis dan aksesori sudah tidak mungkin diundur, ada baiknya Anda perhatikan saran dari pegiat otomotif ini.

“Ada banyak peranti atau aksesori murah meriah dengan kualitas yang bisa terjaga. Apalagi kedekatan customer dengan toko biasanya memperlancar sesuatu bila ada masalah di kemudian hari,” jelas Wijaya dari Mustika Jaya, Serpong, Tangsel.

Hal senada juga dilontarkan Christoper, Direktur Masterpiece Indonesia, selaku Agen Pemegang Merek kaca film Masterpiece di Indonesia. “Saat ini banyak pemain aksesori termasuk kaca film yang menghadirkan varian kelas ekonomis sehingga harga lebih terjangkau dan tentunya secara kualitas masih bisa dipertanggungjawabkan karena bisa mempengaruhi nama baik importir,” ungkapnya.

Sementara itu Ruslan, punggawa Tepat Motor, bengkel servis mobil di area BSD Autoparts, Tangsel, ikut mengamini, bahwa mencari komponen atau aksesori alternatif, bisa menjadi pilihan smart buying. “Bukan saja komponen KW yang bisa didapat dengan harga terjangkau, tetapi juga kompresor AC copotan juga bisa menjadi pilihan,” jelasnya.

Nah, kalau Anda setuju dengan pendapat tersebut di atas, inilah komponen, aksesori , serta jasa yang bisa Anda dapatkan ketika anggaran terbatas. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Head unit. Saat ini banyak head unit single DIN dengan segudang fitur yang ditawarkan berbanderol di bawah Rp 700 ribu. Mulai dari kepingan CD/DVD hingga compatible dengan USB. Menariknya lagi tidak sedikit gerai audio yang juga menjual versi standar mobil berstatus bekas yang tentunya secara harga juga jauh lebih murah ketimbang membeli baru.

No caption
No credit
No caption

Perbaikan dan pengecatan bodi bisa dilakukan di gerai cat ternama atau bengkel resmi. Namun, bila dana terbatas, silakan ke sentra-sentra onderdil yang bisa memberikan harga lebih terjangkau. Semisal untuk perbaikan satu panel untuk cacat ringan termasuk biaya pengecatan di bengkel resmi, estimasi harga bisa Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu. Sementara di sentra komponen dengan pengerjaan yang sama hanya Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu tiap panelnya.

No caption
No credit
No caption

Setir dan grill limbahan menjadi solusi menarik ketika tampilan keduanya di mobil Anda sudah terlihat tidak layak pakai. Namun, biasanya kedua komponen tersebut dibutuhkan untuk kesempurnaan sebuah restorasi mobil.

No caption
No credit
No caption

Ragam lampu copotan juga menjadi solusi ketika Anda membutuhkan headlamp, rearlamp, dan foglamp dengan harga jauh di bawah harga lampu baru. Di samping lampu copotan, biasanya gerai dalam satu lokasi juga menyediakan jasa servis dan membersihkan lampu.

No caption
No credit
No caption

Jangan ragu membeli komponen KW atau kualitas kedua. Selain kualitas sudah teruji di pasar puluhan tahun, urusan harga juga tidak mencekik. Estimasi harga bisa terpaut 25 hingga 45 persen lebih murah daripada versi orisinal.

No caption
No credit
No caption

Kaca film dengan harga di atas Rp 3 juta untuk semua sisi memang banyak ditemui. Namun, ada juga varian yang diganjar murah, yaitu hanya Rp 500 ribuan. Tetapi jangan tertipu dengan produk murahan yang sesungguhnya hanya sebagai pemanis kaca tanpa mampu mereduksi cahaya matahari yang masuk.

Pelapis jok dengan motif kombinasi untuk dua hingga tiga baris bisa gunakan yang semikulit. Harganya bisa di bawah Rp 3 juta dan minim perawatan. Sementara yang kulit asli bisa di atas Rp 5 juta.


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa