Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Toyota Harrier (Bag 2) Perawatan

Otomotifnet - Senin, 7 September 2015 | 14:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Setidaknya ada 3 pilihan bagi yang hendak memiliki Toyota Harrier. Dengan kapasitas mesin yang gede 3.000 cc, menengah 2.400 cc dan kecil 2.000 cc. Sebagai kendaraan berjenis Sport Utility Vehicle (SUV), memang Harrier dipilih untuk mengekspresikan diri si empunya.

Tipe paling anyar hanya tersedia kelir hitam dan putih. Soal harga dari Rp 800 sampai 925 juta. Harga terendah oleh importir umum (IU) biasanya dilengkapi jok semi kulit. Sedangkan untuk harga paling tinggi paket advance dan itu tergantung dari pihak IU.

Spesifikasi singkat dari model terbaru, memiliki tinggi 4.719 mm, lebar 1.834 mm dan tinggi 1.689 mm. Jarak antar sumbu rodanya 2.659 mm dan untuk jarak dengan tanah 150 mm. Ingin lebih dekat dengan Harrier, simak yang berikut. • (otomotifnet.com)

PERAWATAN


Urusan yang satu ini, meski Harrier enggak beda dengan kendaraan lainnya. Di mana bila sudah menempuh 10 ribu km, wajib melakukan tune up. Bagian yang dicek antara lain, filter udara, pengapian (busi) dan sistem bahan bakar (filter bensin, pompa bensin dan injektor)

Pada angka kilometer yang sama, workshop juga melakukan pengecekan pada sistem pengereman. “Dengan melakukan perawatan rutin, maka kondisi kendaraan akan tetap sehat. Untuk penggantian kampas rem, dilakukan setelah melakukan perjalanan 20-30 ribu km,” kata Hengky.

Dipakai tiap hari dan setelah menempuh jarak 5 ribu km, baru dilakukan penggantian oli. Ada beberapa oli yang direkomendasikan untuk dipakai, seperti Mobil1, Aral atau Shell. Selain oli yang direkomendasaikan itu, ada hal yang juga harus diperhatikan. Kekentalan oli yang dipakai untuk mesin Harrier terutama keluaran 2007-2015 spesifikasinya 5W/30 atau yang lebih encer (0W/30).

Gap antar-part yang semakin tipis, membuat Harrier tahun-tahun tersebut butuh oli encer. Untuk yang keluarannya di bawah itu sampai 2000, bisa pakai yang 10W/40. Untuk urusan tune up, biaya yang dipatok di kisaran Rp 300 ribu. Kalau hendak melakukan ganti oli, biaya jasanya Rp 100  ribu dan soal harga olinya Rp 100-200 ribu/liter (butuh olinya 4-4,5 liter). •


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa