Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Sonic 150R Kawahara Racing Siap Dobrak Kejurnas Balap Motor!

Dimas Pradopo - Kamis, 17 September 2015 | 17:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Kelas 150 cc di gelaran Kejurnas Balap Motor (KBM) seri 4 yang akan berlangsung di sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya akhir pekan ini (19-20/9) akan kedatangan kontestan baru. Honda Sonic 150R milik Honda Kawahara Racing KYT IRC siap mendobrak dominasi Suzuki Satria F150 dan Yamaha MX King.

Meski persiapan yang dilakukan tergolong mepet dan belum maksimal, namun motor yang akan digas oleh pembalap senior Wahyu Widodo ini menyimpan potensi yang besar. "Sudah sempat latihan di Sentul kecil, timingnya 57 detik," beber Suhartanto mekanik yang jadi pawang bebek ayam jago ini.

Sebagai tambahan info, rekor tercepat di Sentul kecil di kelas 150 cc dipegangan Fadhil dengan MX King yang timingnya 56,643 detik.

"Catatan waktu itu masih pakai sokbreker standar loh ya, belum ganti seperti sekarang. Saya juga kaget bisa langsung dapat timing segitu di Sentul," sambung pria ramah yang akrab disapa Kupret ini.

Sedang untuk mesin, Ia pun mengaku belum banyak ubahan. "Powernya baru 21,7 dk, aslinya sekitar 14 dk diukur pakai dynamometer DYNOmite," jelasnya sambil merinci ubahan yang dilakukan.

Baru sekedar ganti noken as tanpa merubah payung klep dan sudutnya, porting-polish, naik kompresi dan mengganti throttle body pakai punya CB150R yang direamer jadi 33 mm. "Ini lift noken as-nya masih di bawah 9 mm karena per klep standar," kekeh Kupret yang mengaku jika basis mesin Sonic 150R cukup baik untuk dibuat kencang.

"Kalau ini basiknya bukan motor buat ke pasar, korek dikit sudah enak," kagumnya. Meski begitu, Ia tak langsung puas, targetnya masih mencari 2 dk lagi dan melakukan setingan suspensi. "Maunya setara seperti CB150R yang powernya 23,8 dk," harapnya.

Kita lihat kiprahnya minggu ini! (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa