Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

WRC : Wah.. Totoya Berbahan Bakar Hidrogen Berkompetisi Di Reli Dunia

Dimas Pradopo - Sabtu, 22 Agustus 2015 | 02:55 WIB
No caption
No credit
No caption



Jerman – Ada yang menarik pada gelaran kesembilan kejuaraan dunia reli (WRC) di Jerman pekan ini, yaitu mobil Toyota berbahan bakar hidrogen tampak menunjukkan aksinya mampu berkompetisi.

Toyota memang akan kembali ke WRC pada 2017, menggunakan Yaris dengan basis mobil reli. Tetapi pabrikan asal Jepang itu muncul dengan mobil terbarunya yang bebas emisi, yaitu Toyota Mirai.

Mirai diluncurkan di Jepang pada Desember 2014, menggunakan bahan bakar hidrogen yang disimpan di dalam tangki plastik dan serat karbon yang sangat kuat. 

Hidrogen dicampur dengan oksigen dalam tumpukan sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik yang menjadi tenaga motor listrik penggerak roda depan. Gas buang yang dihasilkannya berupa air.

Nah, pada WRC di Jerman ini Mirai coba diikutkan berkompetisi dan diperkirakan bisa menjadi cikal bakal mobil reli masa depan. Namun tidak seperti mobil reli lainnya yang bermodel hacthback, Mirai modelnya sedan.

Dikemudikan oleh pemiliknya asal Jepang, Mitsuhiro Kunisawa, seorang wartawan dan berpengalaman di reli. Dalam debutnya di reli, Mirai sedikit dimodifikasi yaitu menggunakan bantalan rem khusus, ban kompetisi dan roll cage.

Tenaga sel bahan bakar 113 kW tidak berubah dan akselerasi mobil dari 0 sampai 100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 9,6 detik.

Chief engineer Mirai, Yoshikazu Tanaka ikut mengawasi proyek ini. “Ini adalah impian kami bahwa suatu hari kendaraan fuel cell kami akan mampu bersaing di WRC. Oleh karena itu, kami akan terus mengembangkan teknologi ini dengan ambis besar,” katanya.

Ia menambahkan, para penonton di reli Jerman akan terbiasa pada mobil tanpa suara ini. “Tetapi mereka akan mengalami seni masa depan yang hampir bebas polusi,” jelas Tanaka. 

Mirai dijual di Amerika, Inggris, Denmark dan Jerman akhir tahun ini. Jika ingin melihat seperti apa wujud aslinya, Mirai saat ini sedang dipajang di pameran mobil di kawasan Serpong, Tangerang. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa