Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deteksi Cakram Peyang, Gejalanya Bikin Rem Ndut-Ndutan

Dimas Pradopo - Rabu, 8 Juli 2015 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Indikasi utama cakram peyang adalah saat tuas rem di tarik akan terasa ndut-ndutan dan naik-turun

Jakarta - Lagi bermasalah dengan rem cakram depan maupun belakang tunggangan kesayangan ente bro, yakni terasa ndut-ndutan saat tuas rem ditarik atau ditekan? Tenang, tak usah panik dan bingung lagi, pasalnya hal ini sudah banyak yang mengalaminya.

“Kalau gejalanya seperti itu, biasanya cakram peyang atau oleng. Penyebab utamanya yaitu pernah terkena benturan atau menabrak benda keras. Solusinya mesti ganti cakram baru biar kampas remnya enggak cepat habis,” tutur Safrudin, kepala bengkel Clara Motor II.

Pria akrab disapa Udin ini bilang mengapa bisa bikin kampas rem cepat habis? Karena belum waktunya rem difungsikan, tapi kampas rem sudah bekerja yakni bergesekan dengan bagian cakram yang peyang. Hal tersebut berlangsung terus-menerus selama roda berputar. Alhasil cakram akan cepat menipis.

No caption
No credit
No caption

Penyebab utama cakram peyang yakni pernah masuk lubang atau terkena benturan benda keras


“Selain karena benturan, penyebab lain cakram peyang yakni sang empunya sering lupa membuka gembok yang dipasang pada cakram. Kalau cuma sekali dua kali, mungkin tidak masalah. Tapi kalau keseringan, pasti akan memicu cakram peyang,” wanti pria yang ngepos di Jl. Arteri Kelapa Dua, Kebun Jeruk, Jakbar ini.

Nazar, empunya Nazar Motor (NM) juga mengamini bahwa indikasi utama cakram oleng adalah saat ngerem, terasa ndut-ndutan. Tuas rem akan terasa naik-turun secara kontinyu.

No caption
No credit
No caption

Meski proses terjadinya cukup lama, namun cakram yang sudah tipis juga salah stau faktor pemicu peranti ini mudah melengkung

“Penyebab lain cakram peyang adalah karena cakram sudah kemakan atau tipis. Nah saat bergesekan dengan kampas rem otomatis panas, lama-lama permukaan yang sudah menipis tersebut akan melengkung. Tapi prosesnya cukup lama,” yakin pebengkel Jl. Kebagusan Raya, Jaksel ini. (motor.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Lupa buka gembok cakram memang tidak begitu pengaruh, tapi kalau keseringan lupa, dapat jadi penyebab cakram peyang


Kalau cakram peyang dan enggak segera diganti, imbasnya kampas rem akan kemakan tidak rata dan cepat habis


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa