Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngabuburit Sambil Poles Mesin, Kinclong Bro!

Dimas Pradopo - Rabu, 1 Juli 2015 | 17:27 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Demen dengan tampilan kinclong mesin? Ada dua cara! Pertama di krom dan kedua dipoles. Cara terakhir itulah yang banyak diminati para penggila modifikasi. “Gimana enggak, selain murah meriah, gak sampai sehari mesin sudah terlihat kinclong, dari pada harus mengkrom dengan harga yang lumayan mahal,” terang Ilham, pemilik bengkel modifikasi U’Colour.

Mau tahu caranya? Mudah saja, siapkan dulu batu hijau, kuas, bensin secukupnya, soda api dan beberapa potongan kain celana jeans yang banyak dijual toko cat (biasanya dalam bentuk kiloan) atau celana jeans bekas. Kenapa bahan jeans?

“Begini, karena tekstur bahan jeans agak kasar di banding kertas koran dan pastinya lebih bersih. Kalau pakai koran akan terlihat sedikit hitam, sebab tinta dari koran itu menempel di blok mesin,” ucap pria yang buka gerai di Jl. Maharaja, Depok, Jabar ini.

Sebelum memulai, untuk menghilangkan warna cat dasarnya, disarankannya jangan menggunakan ampelas ukuran berapapun. Karena kalau pakai ampelas, blok mesin akan tampak garis-garis tipis. Trus, proses polesnya piye?

Pertama, oleskan soda api dengan kuas pada seluruh blok mesin sampai warnanya dasar blok mesin ngelotok (Gbr 1). Lalu, basuh dengan air sabun tanpa deterjen hingga bersih, lalu jemur di bawah matahari terik.

Kalau sudah kering, baru deh poles. Caranya, ambil potongan kain jeans, kemudian celupkan ke wadah bensin lalu oleskan pada batu hijau yang berbentuk batangan sedikit demi sedikit.

Setelah jeans tersebut sudah basah dengan bensin dan dikasih batu hijau, poles ke bagian mesin yang diinginkan hingga benar-benar mengilap dengan sedikit menekan (Gbr 2).

Tapi jangan berpindah-pindah dulu!  Sebaiknya satu bagian mesin yang dipoles, setelah mengilap baru pindah ke bagian lain. “Keawetannya tergantung kita, kalau krom ‘abal-abal’ sudah agak pudar atau gak mengilap tinggal poles lagi tanpa harus ditekan seperti pertama kali pemolesan,” sarannya. (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa