Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumsi BBM Alphard Hybrid Bisa Lebih Dari 1:10

Minggu, 23 Agustus 2015 | 18:59 WIB
Konsumsi BBM Alphard Hybrid Bisa Lebih Dari 1:10
eRIE
Konsumsi BBM Alphard Hybrid Bisa Lebih Dari 1:10

Konsumsi BBM Alphard Hybrid Bisa Lebih Dari 1:10
eRIE
Konsumsi BBM Alphard Hybrid Bisa Lebih Dari 1:10


Jakarta -  Toyota Alphard terus terang saja banyak diminati karena kabinnya yang nyaman dan lapang. Selain itu, sejak muncul pertama kali beberapa tahun lalu segera dicap sebagai mobil yang perawatannya ‘mudah’.
   
Tidak lain karena mesin Alphard memang serupa dengan mesin yang digendong Toyota Camry. Untuk konsumsi BBM, Alphard memang dikenal ‘haus’. Beberapa pemilik Alphard yang pernah ditemui OTOMOTIFNET menyebutkan angka yang bisa mencapai 1:5 (liter:kilometer) untuk konsumsi BBM-nya.
   
“Itu tergolong ekstrim konsumsinya, kemungkinan besar untuk unit yang melintasi jalur-jalur yang padat lalu lintasnya,” analisa Dadi Hendriadi sebagai Division Head Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor.
   
Meski begitu, ia menyebutkan bahwa pembeli Alphard bukan segmen yang menempatkan soal konsumsi BBM sebagai prioritas. “Namun bukan berarti kami tidak berupaya untuk memberikan yang lebih baik lagi ke konsumen. Kenyamanan dan akselerasi adalah hal yang lebih banyak diungkapkan oleh konsumen di segmen ini,” imbuhnya menganalisa.
   
Untuk dua hal tadi, oleh Dadi diyakinkan akan bisa dipenuhi Alphard Hybrid. Suspensinya merupakan spesifikasi terbaru, belum lagi teknologi E-Four alias penggerak 4 roda yang dikendalikan secara elektronik juga akan menjamin manuver dari MPV ini lebih terjadi.
Body roll berlebih akan bisa dihindari karena secara elektronis akan bisa diketahui roda sisi mana yang butuh traksi lebih akan dapat perintah untuk bisa lebih mencengkeram,” jelas Dadi.     
   
Soal mesin, kapasitas 2.494 cc dengan besaran daya maksimal 152 ps (6.000 rpm). Itu merupakan hasil dari dua pembangkit daya yang digendong. Keduanya bekerja simultan, saat dibutuhkan misalnya untuk akselerasi maka mesin kedua (listrik) akan ikut bekerja membantu.
   
Mengaku belum melakukan uji konsumsi BBM atas Alphard Hybrid namun Dadi punya keyakinan kalau konsumsi BBM di MPV seharga Rp 1,3 miliaran itu akan berbeda signifikan. “Bisa tembus 1:10 kalau menurut saya, pengalaman saya pakai Camry Hybrid bisa 1:20 konsumsi BBM-nya,” pungkas Dadi. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa