Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantaf, Kampas Rem Harga Kaki Lima Performa Bintang Lima!

Editor - Kamis, 11 Maret 2010 | 09:50 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kalau ada pusat jajanan atau restoran seafood punya tagline harga kaki lima rasanya bak hotel bintang lima, begitu juga dengan beberapa onderdil mobil. Banyak yang bukan spare part OEM(Original Equipment of Manufacturer) dan berharga kaki lima alias murah, namun punya performa yang setara OEM atau bintang lima. Misalnya kampas rem, baik brake pad maupun brake shoe.

Mencermati pilihan merek suku cadang yang melambatkan laju mobil ini di pasar onderdil banyak sekali. “Namun hanya sedikit yang stoknya pasti ada,” terang Acing, dari Sakura Motor yang berdagang onderdil Suzuki di Pasar Mobil Kemayoran(PMK), Jakpus.

Maksudnya, ada beberapa yang kemunculannya tidak berlanjut. Bisa disebabkan distributornya enggak jelas atau produknya tidak laku. Untuk itu Anda harus hati-hati.

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ferodo pemasok kampas rem dengan market share terbesar di dunia
No caption
No credit
No caption

Material kampas sudah non asbestos



Bendix dengan teknologi keramik dan titanium stripe. enggak perlu break in dulu langsung pakem

Ada beberapa merek non OEM yang tergolong eksis dan laris di pasaran. MIsalnya Bendix, Ferodo dan Lucas. Untuk Bendix dulu dikenal sebagai OEM Holden karena diproduksi di Australia. Namun kini sudah banyak untuk mobil Jepang maupun Eropa.

“Pabriknya juga sudah ada di Thailand dan Malaysia,” terang Timmy, marketing manager PT Sumber Berkat Pratama(SBP), distributor Bendix di Indonesia. Bendix punya Ceramic Technology yang menjamin kepakeman dan konsistensi rem saat panas.

Selain itu kinerjanya minim bunyi gesekan dan getaran. Brake pad ini juga non asbetos dan punya titanium stripe. Yakni kampas tidak perlu dibreak in atau tes jalan agar pakem. Soal harga, Bendix dibandrol sekitar 30%-70% dari harga OEM. Ambil contoh brake pad orisinil Suzuki Swift Rp 700 ribuan, namun Bendix cuma Rp 285 ribu.

Merek lain yang beredar adalah Ferodo lansiran Federal Mogul Corporation(FMC). Merek ini kondang sebagai sponsor reli dan Nascar. Selain itu juga pemasok brake pad dan brake shoe untuk Ford dan pabrik General Motor, sekaligus sebagai pemasok kampas rem dengan market share terbesar di dunia.

Secara produk, FMC membedakan jadi 3 tipe. “Yakni FT, Zero dan Heavy duty,” terang Juan P. Delano, distributornya di tanah air. Untuk mobil kebanyakan yang standar bisa pakai tipe FT dan Zero. Sedang model heavy duty cocok untuk double cabin seperti di area off-road, pertambangan atau perkebunan.

Menilik harga cukup menggoda. Ambil contoh brake pad Suzuki Grand Escudo, tipe FT Rp 125 ribu dan Zero Rp182,5 ribu. “Kalau parts Indomobil harganya Rp 1 jutaan,” tambah Acing.

Penulis/Foto: Fend / Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa