Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hati-Hati Jika Sering Gonta-Ganti Merek Oli Mesin Mobil Anda!

Editor - Kamis, 11 Februari 2010 | 07:41 WIB
Hati-Hati Jika Sering Gonta-Ganti Merek Oli Mesin Mobil Anda!
Hati-Hati Jika Sering Gonta-Ganti Merek Oli Mesin Mobil Anda!

OTOMOTIFNET - Ibarat darah, pelumas atau oli sangat vital buat kendaraan. Pelumas dapat meningkatkan kerja mesin dan menentukan panjang pendeknya umur mesin. Banyak macam dan jenis oli dijual di pasaran, baik produk lokal maupun impor.

Begitupun kandungan yang dimiliki. tetapi pabrikan mobil (ATPM) sudah membuat spek sendiri untuk dikonsumsi kendaraan yang diproduksinya. Lalu bagaimana jika ingin ganti oli lain?

HILANG GARANSI

Ketika membeli sebuah mobil, pemilik tak perlu pusing memikirkan harus pakai oli apa ketika sudah tiba waktunya ganti oli mesin. Dalam buku manual sudah disebutkan tipe dan jenis pelumas yang dipakai.

“Kalau mobil selevel Audi punya standar sendiri. Tetapi Audi yang satu grup dengan VW, punya kode tertentu mana oli-oli yang bisa dipakai,” ujar Dedy Yudantyo, dept. head Audi Center di Jln. MT Haryono, Jakarta. Seperti VW 54000 untuk mesin bensin. Itu kode selain SAE dan API Service.

Section head technical service division-training dept. PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman menyebut, oli rekomendasi pabrikan kita tentunya sudah diuji oleh para insinyur di Toyota.

Tetapi ada kalanya orang ingin coba merek lain. Misal tergiur setelah melihat tawaran iklan dari sebuah merek oli tertentu. Apalagi masih ada yang beranggapan oli merek luar negeri (built-up) dan mahal pasti bagus.

“Jika ada mobil baru datang, dapat diketahui oli apa yang bisa masuk ke kategori 50400. Kita tidak berpatokan pada satu merek tertentu, meskipun di pabriknya pakai Castrol. Lihat saja apakah ada kode VW di kemasan oli,” kata Dedy.

Iwan mengaku banyak oli bagus di luar rekomendasi pabrik.

“Kita tidak melarang untuk memakainya. Tetapi karena tidak pernah diuji, kita khawatir gara-gara menggunakan oli yang diinginkan terus terjadi problem pada mesin. Sebab ini berhubungan dengan garansi,” kata Iwan.

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa