Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi BMW R65 1978 Jaran Kore, Terbang ke Balikpapan

Otomotifnet - Senin, 12 Oktober 2015 | 14:51 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dalam bahasa Jawa, Jaran Kore berarti kuda liar yang sulit ditaklukan


Yogyakarta - Pada penyelenggaraan sebelumnya, Kustomfest pernah memberikan hadiah lucky draw bagi pengunjung berupa Triumph ol skol chopper, Harley-Davidson Sportster 1200 cafe racer hingga VW Bettle hot rod. Dan tahun ini, konsep yang disuguhkan cukup berbeda, motor turing BMW R65 bermesin Boxer 650 cc disulap jadi traditional scrambler.

No caption
No credit
No caption

Tangki tanpa cat, aluminium dipoles sampai mirip kaca

Hasilnya, motor berjuluk ‘Jaran Kore’ ini. “Jaran Kore kami ambil namanya sesuai dengan tampilan motornya, diibaratkan sebagai kuda liar yang sulit untuk ditaklukan,” buka Lulut Wahyudi, owner Retro Classic Cycles (RCC) yang juga Director Kustomfest.

No caption
No credit
No caption

Mesin 650 boxer ditingkatkan performannya

Motor yang awalnya berkesan ‘bapak-bapak’ ini dihajar habis! Bodinya dilucuti dan rangka dicustom ulang. Dipotong lebih pendek dan diberi sub frame baru. Sedang bodinya, mulai dari tangki, cover headlamp sampai area buntut terbuat dari aluminium yang dibentuk handmade dan dipoles sampai mengilap mirip kaca.

No caption
No credit
No caption

Knalpot custom dari titanium, super ringan

“Jaran Kore merupakan konsep penggabungan pure metal sentuhan engineering RCC antara chromolly, aluminium dan titanium. Seperti sub frame berdimensi kecil dari chromolly, material tangki dari aluminium dan aksen titanium dari rancangan knalpot,” jelasnya.

No caption
No credit
No caption

Sub frame dipangkas habis, sok Ohlins makin terekspos

Sesuai konsep scrambler, kaki-kaki didesain dua alam dan banyak menggunakan part untuk motor trail. “Untuk yang satu ini kami mengacu pada stabilitas dan juga handling untuk bisa digunakan di medan ekstrem sekalipun,” papar Lulut.

No caption
No credit
No caption

Teddy Wahyudi asal Balikpapan, bawa pulang Jaran Kore

Sok depan pakai tipe upside down mirip peredam kejut trail special engine nih. Agar terpasang sempurna RCC membuat sendiri segitiga atas bawah lewat proses CNC. Sedang yang belakang pakai Ohlins. Pelek standar dengan bentuk palang yang unik di kawinkan dengan ban pacul Zeneos special order.

No caption
No credit
No caption

Untuk mesin, tidak mau dibiarkan standar, setelah direkondisi dengan komponen baru, rasio kompresi ditingkatkan, ganti cam dan karburator pakai Mikuni. Knalpot dirancang ulang berkonfigurasi 2-1 dari Titanium.



Dan akhirnya, hadiah lucky draw pengunjung Kustomfest 2015 ini jatuh ke tangan Teddy Wahyudi. Pria asal Balikpapan yang tinggal di Yogyakarta ini mengaku kaget. “Saya datang karena ajakan teman, eh malah menangin motor keren,” ungkap pengusaha konveksi ini. Selamat! • (otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI:
Rangka : Redesign by RCC Sok depan : Upside-down Setang : Moto-x style by RCC Triple tree : Fully CNC Aluminum Sok belakang : Ohlins Ban : Zeneos special order Karburator : Mikuni race flatside Oli : Motul Knalpot : Titanium by RCC Transmisi : BMW 4 speed rebuilt by RCC Wiring system : by RCC Headlamp : 4,5 inch Sportster Sepatbor depan : Aluminium by RCC Tangki : Aluminium by RCC Tutup tangki : Aluminium by RCC Headlamp cover : Aluminium by RCC Jok : Custom by RCC Petcock : Aluminium by RCC

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa