Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Kawasaki KLX 150, Sikat Endurance dan Adventure

Otomotifnet - Minggu, 27 September 2015 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta
- Hobi dirt bike Aldy Reynold Putra sudah lebih ekstrim, bukan cuma adventure ringan, sampai balap dijabanin. Pria humoris yang juga menjadi instruktur safety riding di Rifat Drive Labs (RDL) ini kerap turun endurance motocross. Bersama Kawasaki KLX 150 kesayangannya dan tim CORSA-REZ212 KDM Jumz langganan naik podium.

Menariknya, racikan balap ini juga sering dipakai blusukan masuk hutan. “Gak hanya ikut kompetisi, sering juga dipakai buat adventure,” buka Jujum, pemilik sekaligus mekanik bengkel REZ212 KDM Jumz. Wah, apa saja ubahannya?

“Yang jelas kaki-kaki dan mesin diperkuat,” beber mekanik yang buka bengkel di Pamulang, Tangsel. Dimulai dari upgrade suspensi depan, limbah Honda CR 85 jadi andalan, dimensinya sesuai dengan KLX 150 yang tak terlalu besar.

Di belakang pakai swing arm Kawasaki KLX 250 berikut monosok Yamaha YZ85. Untuk pelek dipercayakan label Expedition lebar 1.60x21 di depan dan 1.85x18 di belakang. Kedua ban pakai merek Corsa MT CROSS-R ukuran 80/100-21 dan belakangnya Corsa MT CROSS-T 100/100-18.

 
No caption
No credit
No caption

Kerap turun di balap endurance yang mengharuskan ngebut berjam-jam, racikan mesin dibuat istimewa. Jum'z, panggilan akrabnya, mengandalkan piston CBR 150R berdiameter 63,5 mm. Dipadu stroke standar, kapasitas ruang bakar standar 142,6 cc terdongkrak menjadi 170 cc. Karena butuh durability, maka kompresi dibuat terlalu tinggi.
 
Memenuhi kebutuhan volume ruang bakar, noken as custom dan karbu kotak Keihin Sudco 28 mm jadi pilihan. "Knalpot dari LinecrossMX99. Masih prototipe dan ternyata hasilnya cukup memuaskan. Suaranya juga masih enak didengar dan terasa padat," tutup Aldy. Blaar! • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Knalpot ini sebenarnya masih prototipe produk LinecrossMX99 dan cukup mumpuni diberbagai medan


Aldy ‘Cumi’ selain crosser, juga trainer safety riding

DATA MODIFIKASI:

Pelek : Expedition
Ban : Corsa
Sok depan : Upside down Honda CR85
Swing arm : Kawasaki KLX 250
Monosok : Yamaha YZ85
Piston : Honda CBR 150
Karbu : Keihin Sudco 28 mm
Koil : Kawahara
CDI : Kawahara
Setang : Renthal twinwall
Knalpot : LinecrossMX99
Decal : Iwan cawer
Estimasi biaya : Rp 20 juta
REZ212 KDM Jumz : 0821-14497479

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa