Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride Peugeot Citystar 200, Sensasi Euro Style!

Otomotifnet - Selasa, 22 September 2015 | 12:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bak mobil mewah, bagian depan tampak semacam grill besar yang ternyata di baliknya tersebunyi radiator


Jakarta - Harus diakui tak banyak skutik bermesin 200 cc di Indonesia, paling hanya Suzuki Burgman 200 atau Viar V1, sayangnya keduanya punya desain gambot agak repot untuk harian. Dan rasanya, PT Garansindo International Motors cukup jeli melihat kekosongan ini dengan memasukan Peugeot Citystar 200.

Mesin bertenaga tapi dimensinya kompak sehingga mampu diandalkan menjadi komuter yang menyenangkan. Dan kami coba paparkan impresi perdana bersama skutik yang dijual Rp 53,9 juta off the road ini. Yuk ikuti! . • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Ada grill diantara dual headlamp, unik dengan logo Peugeot di tengah

DESAIN
Pandangan pertama di booth Peugeot Scooter di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang lalu, langsung tampak jelas nuansa elegan khas Eropa. Bak mobil mewah, bagian depan tampak semacam grill besar yang ternyata di baliknya tersebunyi radiator.

Samping kanan kirinya ada headlamp yang split terpisah dua. Sein menempel di bodi samping terlihat pas dengan mika motif kristal. Di balik windshield ada setang cukup tinggi dengan cover yang membuatnya tampak makin rapi.

Sedikit mundur, bodi sampingnya memang tampak polos dan lebar, tapi di belakang posisi lampu dan seinnya mengingatkan kita pada pantat sedan. Minim lekukan tajam membuatnya makin berkelas.

FITUR DAN TEKNOLOGI
Area bawah setang terdapat kompartemen untuk menempatkan sarung tangan, di dalamnya juga ada power outlet 12V DC untuk keperluan charging beserta slot untuk menyimpan handphone dengan aman.

Di balik setang, pandangan mata disuguhkan panel indikator dengan tiga panel bulat yang cukup lengkap, spidometer mudah dipantau dengan jarum analog. Pada bagian tengah, informasi fuelmeter, odometer, suhu mesin, suhu lingkungan dan jam digital ditunjukan lewat panel digital.

Paling kanan ada engine check hingga voltmeter. Untuk media penyimpanan, Citystar 200 punya bagasi ekstra luas di bawah jok. Mampu menyimpan 2 helm sekaligus, 1 full face dan 1 lagi open face

No caption
No credit
No caption

Tutup tangki bensin ada di dekat pijakan kaki, praktis kan?

No caption
No credit
No caption

Bagasinya super lega, bisa menyimpan 2 helm sekaligus

No caption
No credit
No caption

Disc brake di kedua roda tapi belum didukung ABS

RIDING POSITION & HANDLING
Joknya yang lebar dan empuk, seperti duduk di sofa rumah. Bagi tester tinggi 180 cm, posisi kaki masih menapak dengan sempurna. Tapi untuk rider dibawah 170 cm harus sedikit jinjit. Setang kemudinya terbilang tinggi, membuat posisi berkendara santai dan enggak gampang pegal.

Citystar ini juga memiliki posisi dek pijakan kaki yang lebar sehingga kaki bisa bergerak leluasa. Kalau ukuran sepatu cuma 44 sih masih lega. Bermodal sok depan model teleskopik dan dual shock di belakang, Citystar 200 mampu meredam jalan bergelombang dengan lembut.

Pelek ring 13 inci dengan lebar 3.50 inci di kedua roda, dibalut ban berukuran 120/70-13 depan dan 130/60-13 di belakang membuatnya makin asyik melahap tikungan. Tapi lagi-lagi kejadian sama seperti Peugeot Django, jarak antara knalpot dan aspal cukup dekat, menikung rebah eh sedikit nyangkut. Jangan kaget ya!

No caption
No credit
No caption

PERFORMA
Di beberapa negara di Eropa, Citystar dirilis juga dengan mesin 125 cc, tapi khusus Indonesia mesin 190 cc sengaja dipilih. Tombol electric starter dipencet seketika mesin menyala dan suaranya halus. Getarannya juga minim meskipun grip gas sudah diputar.

Mesin SOHC radiator dan sudah fuel injection, tenaganya diklaim mencapai 19 dk dengan torsi maksimal 17 Nm. Dari diam menuju 80 km/jam terasa cepat, sesuai dengan karakter berkendara di Ibukota Jakarta yang stop and go. Untuk menahan lajunya, skutik ini dimodali disc brake depan-belakang, pakem banget bro! Sayangnya belum ABS nih.


Desain bodi kotaknya membuat Citystar 200 ini terlihat lebar

DATA SPESIFIKASI:
Peugeot CityStar 200
Mesin: 4-tak, satu silinder 2 katup, radiator, injeksi
Kapasitas : 190cc
Bore x stroke : 64 x 58,9mm
Tenaga : 19 dk @ 8.500rpm
Torsi : 17Nm @ 6.700rpm
Transmisi : CVT
Suspensi depan : fork teleskopik hidrolik 37mm
Suspensi belakang : hidrolik shockabsorber 5 posisi
Rem depan : cakram 240mm hidrolik 2 piston
Rem belakang : cakram 210mm hidrolik 2 piston
Dimensi : Panjang 1.985mm x Lebar 750mm x Tinggi 1.300mm
Tinggi jok : 795mm
Berat : 145kg H
arga : Rp 53,9 juta off the road



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa