Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Laher Komstir, Cek Berkala Sebelum Rusak

Otomotifnet - Selasa, 6 Oktober 2015 | 19:19 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Setang susah belok, terasa keras saat diputar kemudinya. Ada juga yang mengeluh oblak, paling terasa saat melakukan pengereman keras. “Bisa jadi komstirnya bermasalah,” buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, Astra Honda Training Center, PT Astra Honda Motor (AHM).

No caption
No credit
No caption

Selain bola laher yang rusak, rumahnya juga bisa rusak. Contohnya seperti ini, timbul banyak cekungan
 
Umumnya, masalah seperti ini terjadi pada motor yang telah berumur. Diperparah jika kondisi jalan yang dilalui cukup ekstrem dan kurangnya perawatan. “Untuk perawatan, jangan menunggu terasa oblak atau jadi susah belok baru dicek. Seharusnya setiap kali servis berkala atau setiap 4.000 km diperiksa kondisinya,” jelasnya.
 
“Kalau oblak karena komstir kendor, jika dibiarkan bisa makin parah. Bola-bola lahernya bisa bertumpuk, bahkan pecah. Begitu juga dengan pelumasnya, bisa jadi kering,” terang pria yang berkantor di Sunter, Jakut ini. Selain bola laher yang rusak, kerusakan pada komponen ini juga bisa terjadi pada rumahnya. Karena minim pelumasan timbul cekungan-cekungan bola laher.
 
“Ini yang bikin setang sulit dibelokan karena bola laher terjebak di cekungan tadi. Kalau sudah parah seperti ini, solusinya harus ganti,” ungkapnya. Untuk melakukan penggantian sediakan dulu laher komstir. Satu set dijual dengan harga beragam tergantung tipenya, bebek hanya Rp 78 ribu, sedang sport kecuali Honda CBR250R harganya Rp 90 ribu.

“Untuk CBR250R harganya beda sendiri, Rp 450 ribu,” beber Muhammad Rifat, koordinator spare part di AHASS Honda Wahana Gunung Sahari Jakpus. Pemasangannya boleh dibilang cukup ribet, harus menanggalkan body part bagian depan. Dicontohkan pada Honda MegaPro, harus melepas headlamp hingga setang dan as sokbraker depan.

Kemudian melepas pula segitiga atas-bawah. Setelah semua terlepas buka baut komstir atau bahasa kerennya, steering top thread. “Sebaiknya menggunakan special tool, lock nut wrench. Bisa juga diketok pakai pahat, tapi riskan merusak bautnya,” beber Safrudin, kepala bengkel AHASS Clara Motor II di Jl Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar.

Diikuti dengan melepas rel bola lahernya, ada dua di atas dan bawah. “Dipukul dengan pahat atau tools sejenis, hati-hati saat melepas dan memasangnya kembali. Saat memasangnya, posisinya harus benar-benar lurus, jangan sampai miring,” wanti pria ramah ini.

Sedang untuk gemuk dianjurkan pakai yang memiliki spek tahan tekanan sangat tinggi. “Biasanya materialnya urea, di Honda kami menganjurkan pakai EXCELIGHT EP2 yang diproduksi Kyodo Yushi Jepang atau Shell ALVANIA EP2,” rinci Endro. Sebaiknya langsung serahkan pada ahlinya! . • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Sediakan satu set laher komstir baru, harganya mulai Rp 78 ribuan

No caption
No credit
No caption

Gunakan special tool, lock nut wrench untuk melepas laher komstir


No caption
No credit
No caption

Pasang rumah laher yang baru, awas jangan sampai miring


Gemuknya pakai yang tahan tekanan sangat tinggi


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa