Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Checklist Pasca Adventure, Tak Cukup Cuma Dicuci

Otomotifnet - Selasa, 29 September 2015 | 12:54 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Setelah gas pol adventure, kuda besi harus dirawat. Jangan sampai ngambek di perjalanan berikutnya, bisa berabe. Yuk, ikuti cheklist-nya! Yang pertama, wajib langsung dicuci dan dibersihkan secara detail. “Harus detail bersih sampai ke sela–selanya jangan ada yang kelewat,” wanti Ahmad Fauzi, owner Tjoehai Motor.

“Biasa kotoran tertinggal di monoshock dan as upside down yang bisa bikin seal sok bocor atau malah as sokbrekernya baret. Sedang pada rangka, kotoran tertinggal berpotensi jadi karat,” beber pria yang akrab disapa Ozie dari bengkel khusus trailnya di Jl. Swadaya Raya, Jaticempaka, Pondok Gede, Jaktim.

No caption
No credit
No caption

Lumasi komponen bergerak, dari rantai sampai kabel gas

Setelah bersih, jangan lupa lumasi semua komponen bergerak. “Bisa dilakukan sendiri di rumah atau di bengkel langganan. “Biasanya pakai WD40 atau chain lube,” ujar Danu Kurniawan, member komunitas adventure di Jaktim. Rantai hingga footstep dan standar samping perlu dilumasi, agar terhindar dari karat.

“Jangan lupa lumasi tali gas. Ini fatal kalau sampai seret bahkan nyangkut,” wanti Roby dari Roby Steam. “Lanjut ke mesin pengecekan paling utama adalah kampas kopling, ini bagian yang paling sering habis,” paparnya. Wajar saja kalau kampas kopling cepat habis, trek ekstrem menuntut rider sering selip kopling untuk dapatkan akselerasi beringas.

No caption
No credit
No caption

Kampas kopling paling cepat habis, wajib dicek setelah adventure

Selanjutnya pria asli Betawi ini menunjuk oli yang sebaiknya tiap event langsung ganti. Untuk motor yang menggunakan radiator, harus dicek volume radiator coolant-nya.

Yang tak kalah penting adalah cek kekencangan baut. “Paling utama cek baut suspensi. Biasanya habis loncat–loncat pada kendor, jangan sampai copot di jalan,” tutup Roby sembari mewanti pengecekan ini sebaiknya langsung dilakukan setelah beradventure, saat mau jalan lagi motor sudah siap! . • (otomotifnet.com)

Tjoehai Motor : 081318484377
 

No caption
No credit
No caption

Jangan lupa oli mesin, sebaiknya tiap event langsung ganti

 

No caption
No credit
No caption

Cek kekencangan baut, habis loncat-loncatan pasti ada yang kendor


Volume air radiator pastikan tetap sesuai rekomendasi pabrikan




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa