Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Paint Protection Bodi, Lima Milimicron Pencegah Baret

Otomotifnet - Kamis, 8 Oktober 2015 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta -Enggak hanya produk kaca film saja yang dimiliki PT V-Kool Indo Lestari (VKIL). Ada produk yang mereka beri nama Paint Protection Film (PPF). Dilihat dari namanya saja, sudah bisa digambarkan bahwa produk tersebut dipakai untuk melindungi permukaan cat.

Menurut Linda Wijaya,  Vice President VKIL, V-Kool PPF menggunakan teknologi true heal. Dimana baret tipis yang terjadi permukaan bodi yang sudah dilapisi, akan hilang dalam sekejap setelah terkena panas saat diparkir atau panas lainnya.


No caption
No credit
No caption

V-Kool PPF tebalnya 0.5 milimicron, elastis jadi gampang ditempelkan


Di V-Kool Flagship Outlet, OTOMOTIF menyaksikan langsung keampuhan dari produk tersebut. Permukaan bodi yang sudah ditempeli V-Kool PPF digosok  dengan menggunakan sikat kawat tipis. Setelah digosok, permukaan yang baret tersebut dipanaskan dengan lampu pemanas. Dalam kondisi normal, hal tersebut sama dengan panasnya sinar  matahari di siang bolong.

No caption
No credit
No caption

Permukaan bodi yang sudah pakai produk tersebut, digosok dengan sikat kawat tipis dan tetap terlihat baret


Tak lama, baret-baret tipis itu sirna hanya dengan proses pemanasan tersebut. “Hanya saja, kalau baretnya terlalu tebal atau bahkan bikin V-Kool  PPF terkelupas. Maka enggak bisa dibalikkan seperti sedia kala,” ucap Roy Lystianto, SPV Ultramaster yang berkantor di Ruko Sentral Kemayoran, Jakpus.

No caption
No credit
No caption

Proses simulasi pemanasan, kurang lebih sama dengan panas matahari di siang bolong. Enggak sampai 5 menit, baret dari sikat kawat tipis sirna


V-Kool PPF mengandalkan lapisan seperti kaca film setebal 5 milimicron. Produk yang selentingan baru akan di perkenalkan secara resmi pada  November 2015 mendatang itu, ada pilihan mirror shine dan efek doff. VKIL menyediakan paket.

Permukaan bodi bagian dalam handle, masuk salah satu bagian yang dipasang karena sering tergores kuku. Permukaan bodi yang dilapisi V-Kool PPF  kilapnya akan tetap terjaga (kiri). Sedangkan yang enggak dilapisi, terlihat kusam dan lama kelamaan akan timbul karat (kanan)


Pada paket tersebut, perlindungan hanya ditempelkan pada bumper depan, fender, ujung pintu dan permukaan bodi bagian dalam dari handle. Tidak pada seluruh bagian bodi. “Untuk jenis city car atau MPV, banderolnya Rp 3,5 juta. Sedangkan untuk yang SUV atau kendaraan besar lainnya, dikenakan Rp 4,5 juta,” terang Roy.

Di dunia auto detailing sendiri pelindungan bodi dari baret itu sudah lama ada, menggunakan teknik coating. "Jadi yang dilindungi adalah lapisan  pernis pada bodi.  Lapisan pelindung itu seperti kaca, jadi kalau baret-baret tipis enggak akan sampai melukai permukaan lapisan pernis," ujar  Yoshua, Manager workshop auto detailing ShowCar Garage di Jl. Meruya Ilir, Jakbar.

Soal biaya, untuk coating 1 bodi dibanderol dengan harga Rp 3,5 juta dan itu enggak mempengaruhi besar kecilnya kendaraan. Tapi yang jelas,  sebelum proses coating, terlebih dulu harus dilakukan pemolesan . • (otomotifnet.com)



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa