Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Cara Biar Spion Rectract Toyota Great Corolla Kembali Normal

Otomotifnet - Rabu, 30 September 2015 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Toyota Corolla generasi ke tujuh (AE101) ini bisa dibilang merupakan sedan favorit sampai saat ini. Buktinya masih sering terlihat di jalan. Namun mengingat usianya sudah berumur kurang lebih 24 tahun, pasti membutuhkan perhatian khusus untuk perawatannya.

Pada varian keluaran 1992 hingga awal 1994, sudah menggunakan fitur retractable mirror. Nah, enggak jarang ditemukan kerusakan spion sudah enggak bisa dilipat secara otomatis. "Biasanya disebabkan oleh as gir patah atau gir dinamo longgar," Ujar Muhammad Diendy Meuthady, anggota Great Corolla Club (GCC).

Tapi jangan takut dulu sob, komunitas GCC punya tips andalan untuk membetulkan kerusakan pada spion tersebut. "Untuk mengakali dan benerinnya enggak terlalu susah dan mahal kok,” tambah Diendy, panggilan akrabnya. Bagi yang penasaran mau bongkar sendiri, bisa ikuti tahap-tahap di bawah ini. • (otomotifnet.com)

MuhammadDiendy Meuthhady : +62815788437751

No caption
No credit
No caption

Pertama buka door trim dengan melepas klip di samping sebanyak 2 buah, sekrup di bagian depan 2 buah, sekrup di handle pintu dan di pembuka pintu. Setelah itu buka cover berbentuk segitiga pada pintu menggunakan obeng minus secara perlahan.

No caption
No credit
No caption

Setelah terbuka terlihat 3 baut pegangan spion yang harus dibuka dengan kunci pas 10 mm. Sebelum melepas spion, cabut soket kabel spion. Lepaskan spion dari dudukan di pintu dengan bantuan tang jepit, utuk menekan klip plastik

No caption
No credit
No caption

Lepas kaca spion dengan menekan bagian atas dan dilanjutkan dengan mencongkel bagian bawah, hingga kaca terlepas dari dudukannya. Setelah cover dan dudukan spion terlepas akan terlihat modul spion retract.

No caption
No credit
No caption

Lepas cover penutup dinamo dengan cara mencongkel dengan bantuan obeng. Setelah itu lepas cover dinamo dengan membuka 3 sekrup, akan terlihat gir penggerak spion dan dinamo. Cek dudukan as gir apakah ada yang rusak atau enggak.

Lepas semua gir yang terlihat dan bersihkan dari kotoran. Apabila ada yang rusak, gunakan lem besi pada dudukan as, agar tidak bergerak. Lakukan dengan hati-hati agar lem tidak menyebar dan pastikan as tegak lurus.

Setelah kering pasang kembali gir dan diberi grease (gemuk) pada semua bagian gir dan as-nya. Rakit kembali spion dengan urutan terbalik langkah di atas.


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa