Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

10 Mobil Diesel Modern Tantang Kualitas Pertamina Dex

Bagja - Kamis, 1 Oktober 2015 | 18:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mengaku diesel freak? Tapi masih ragu mobil diesel kesayangannya meneguk solar spek tinggi sekelas Pertamina Dex? OTOMOTIF Diesel Day 2015 bakal memberi semua jawabannya! 10 mobil diesel modern siap menantang kualitas Pertamina Dex.

Kami pilih 10 mobil diesel yang saat ini dipasarkan di Tanah Air secara random, baik yang sudah beredar beberapa tahun sampai yang masih gress. Harapannya bisa menjadi simulasi masyarakat pengguna mobil diesel dengan pilihan bahan bakar yang sama, Pertamina Dex. Sehingga, solar kelas atas dari Pertamina ini harus bisa meladeni semua merek dan jenis mobil diesel yang dipasarkan di Tanah Air.

Mulai dari Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Triton, Toyota Fortuner, sampai si bongsor Hyundai H1 CRDi. Hyundai Santa Fe CRDi dan KIA Sorento CRDi pun dilibatkan. Bahkan, Jeep Wrangler CRDi juga ikutan penasaran. Belum lagi paling gress, KIA Sportage Diesel! Sedangkan Isuzu Mu-X punya tugas di wilayah Timur, lokasi kedua OTOMOTIF Diesel Day 2015, yakni kawasan Gunung Bromo.
No caption
No credit
No caption

Semua mobil tersebut mesin dieselnya sudah dilengkapi dengan teknologi Common-rail, sehingga agar kinerjanya makin optimal baiknya juga menggunakan solar yang spesial, sekelas Pertamina Dex, yang katanya cocok untuk mesin diesel modern. 

Tekanan bahan bakar pada sistem berteknologi Common-rail berkisar 1.600 - 1.800 bar. Bandingkan dengan mesin diesel konvensional yang hanya mencapai 700 bar.Jadi butuh cetane number yang tinggi, dan itu didapat pada Pertamina Dex yang punya cetane number sebesar 53.

Kandungan sulfur juga harus rendah, biar injektor enggak mampet, sekaligus tetap ramah lingkungan. Kandungan Sulfur Pertamina Dex terendah di Indonesia lho, dengan maksimal 300 ppm). Belum lagi aditif lainnya yang terkandung, menjaga kualitas solar dan mesin diesel itu sendiri.

Nah, itukan secara teori, karenanya OTOMOTIF Diesel Day 2015 tahun ini akan menjadi ajang 10 mobil diesel modern menantang kualitas solar Pertamina Dex. Dua lokasi sekaligus lho, kawasan Cikole Lembang Jawa Barat dan Gunung Bromo di Malang Jawa Timur.

"Goal utamanya Diesel for future. Eropa udah sebagian besar diesel. Indonesia harus sudah mulai memikirkan itu. Soal kualitas solar yang sering dikeluhkan, makanya ada Pertamina Dex," ujar Rio Fajar Redaktur Teknik R4 OTOMOTIF. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa