Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Lengan Rossi Luka, Akibat Kecelakaan Tes Ban Michelin

Dimas Pradopo - Senin, 28 September 2015 | 21:58 WIB
No caption
No credit
No caption


Aragon – Setelah berkompetisi di GP Aragon, Spanyol, para pembalap MotoGP menguji coba ban Michelin di sirkuit yang sama hari Senin (28/9) dan Valentino Rossi mengalami kecelakaan. 

Ini merupakan uji coba rutin yang dilakukan pada beberapa sirkuit sehari setelah lomba di tempat yang sama. Dalam rangka beradaptasi dengan ban Michelin yang akan mereka pakai di musim balap tahun depan. Michelin jadi pemasok tunggal ban di MotoGP 2016.

Uji coba ini diikuti semua tim pabrikan dan pembalap lainnya. Ketika masa uji coba hampir selesai, Rossi mengalami kecelakaan. Ia kehilangan kendali di tikungan dua.

Beruntung Rossi tidak mengalami cedera serius. Hanya lecet kecil di siku kanannya. The Doctor mendapat perawatan dari dokter Michele Zasa di Clinica Mobile.

Di tempat itu pada pagi hari Bradley Smith (Yamaha Tech3) dan Danilo Petrucci (Ducati) juga jatuh yang menghancurkan motor mereka. Keduanya tidak mengalami apa-apa.

Rossi pernah mengalami hal sama saat tes ban Michelin di Mugello beberapa waktu lalu. Saat itu, rekan setimnya di Yamaha, Jorge Lorenzo dan pembalap Honda, Marc Marquez juga terpelanting dari motornya.

Sejauh musim ini, Rossi baru sekali jatuh dalam rangka kegiatan akhir pekan lomba. Yaitu ketika menjalani latihan bebas kedua di GP Brno, Agustus lalu.

Michelin terus melakukan uji coba ban untuk dipakai pada 2016 dan masalah lebih banyak datang dari bagian depan. Sangat beda dengan ban Bridgestone yang menjamin stabilitas tinggi saat mengerem dan masuk tikungan.

Ban buatan Perancis itu memiliki karakteristik berbeda dan sulit bagi pembalap untuk beradaptasi dengan karet hitam ini. 

Risiko cedera selalu hadir ketika mencoba sesuatu yang baru dan bahaya itu harus dihindari. Apalagi saat ini posisi Rossi tengah dalam memperebutkan gelar juara berasama Lorenzo. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa