Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

WRC : Hujan Beri Kejutan Pereli Ford Di Reli Perancis

Dimas Pradopo - Sabtu, 3 Oktober 2015 | 03:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Korsika – Hujan dan banjir mengganggu hari pertama kejuaraan dunia reli (WRC) di Korsika, Perancis, Jumat (2/10), sehingga ada tahapan khusus (SS) yang dibatalkan dan hasilnya memberi kejutan pereli Ford, Elfyn Evans.

Setelah 5 tahun absen jadi tuan rumah WRC, reli Perancis di korsika kembali digelar dan tahun ini merupakan ronde kesebelas.

Namun cuaca kurang bersahabat pada event yang berlangsung di lintasan aspal ini. Cuaca buruk akibat hujan deras menyebabkan beberapa tempat banjir. Para pereli menggeber mobilnya dalam kondisi permukaan jalan yang licin.

Pada SS1 di Plage du Liamone menuju Sarrola dengan jarak tempuh 29,12 km di pagi hari, juara dunia tiga kali Sebastien Ogier memiliki catatan waktu tercepat yang sama dengan Robert Kubica. 

Ogier yang mengunci gelar juara dunianya yang ketiga di reli Australia lalu, mencetak waktu 19 menit 44,0 detik. Waktu tercepat pereli tim VW itu disamakan Kubica, mantan pembalap F1 tampil yang mengenderai Ford Fiesta RS. Kubica sempat membuat waktu tercepat pada sesi shakedown hari Kamis.

Pereli tim Hyundai, Thierry Neuville gagal melahap SS1 setelah menabrak jembatan. Suspensi kanan belakang mobil i20 yang dikendarainya rusak.

Panitia membatalkan SS2 di Casamozza–Ponte Leccia 1 setelah hujan deras. Akibat cuaca buruk telah merusak jalan-jalan menuju ke lokasi, ada banjir dan tanah longsor. Namun SS3 tetap dilaksanakan meskipun telat 30 menit dari jadwal.

Elfyn Evans, pereli tim M-Sport yang mengendarai Ford Fiesta RS  mengakhiri hari pertama sebagai pereli tercepat. Meninggalkan pereli Hyundai, Kevin Abbring 18,7 detik.

Tierry Neuville gagal menyelesaikan SS1 setelah menabrak jembatan

“Asyik rasanya jadi pemimpin reli reli, meskipun agak mengejutkan!” kata Evans yang merasa tidak melaju dengan baik di SS3. Tetapi karena melaju dengan bersih dan rapi, membuatnya ia berada di depan.

Sementara Abbring juga mengalami kemajuan besar. Dari posisi tujuh melompat ke urutan dua. Ia unggul 4,2 detik di depan pereli tim VW, Jari-Matti Latvala.

“Hujan deras membuat jalan sangat licin dan banyak aquaplaning (ban tidak sempurna menapak lintasan karena genangan air),” jelas Latvala.

Pereli Citroen, Mads Ostberg yang berada di urutan empat mengatakan ini harus paling sulit dalam kariernya. “SS3 tahapan yang sangat buruk bagi saya,” timpal Kubica yang mencetak waktu terbaik kelima. Sebastien Ogier bertengger di urutan 10 tercepat.


Hari Sabtu, peserta akan menghadapi tiga tahapan khusus dengan dua tahapan khusus ulangan hari Jumat. (otosport.otomotifnet.com)

Hasil Lomba Hingga SS3
1. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC 46m 48.5s M 
2. Kevin Abbring Hyundai Motorsport i20 WRC +0m 18.7s 
3. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 22.9s M 
4. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 38.8s M 
5. Robert Kubica Ford Fiesta RS WRC +0m 40.3s 
6. Stephane Sarrazin Ford Fiesta RS WRC +0m 43.1s M 
7. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +0m 44.5s M 
8. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 47.0s M 
9. Bryan Bouffier M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 04.8s M 
10. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC +1m 13.2s M

11. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +1m 14.9s M 
12. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 15.9s M 
13. Stephane Lefebvre Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 39.9s M 
14. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 56.6s M 
15. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +2m 15.2s M 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa