Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Beli Yamaha Byson Seken Tahun 2013? Baca Dulu Artikel Ini!

Otomotifnet - Minggu, 15 November 2015 | 06:54 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Motor ‘laki’ ini masih terus diminati hingga kini. Merek yang sudah cukup kuat di Tanah Air menjadi alasan. Kemudahan dalam modifikasi menjadi satu nilai lebih

Jakarta - Meski modelnya belum banyak berubah sejak pertama diluncurkan tahun 2010, Yamaha Byson masih tergolong cukup digandrungi, khususnya di pasar motor bekas. Selain memiliki mesin yang bandel dan tampilan yang gagah, kemudahan dalam modifikasi menjadi salah satu alasannya.  

Mulai dari aliran street fighter, caferacer, japstyle dan aliran lainnya bisa masuk di motor ini. Pada bagian mesin terbilang cukup minim masalah, hanya saja ada yang perlu diperhatikan jika jam terbang sudah tinggi. “Biasanya bagian kampas kopling dan karet kopling sudah mulai aus.

No caption
No credit
No caption

Spidometer sudah full digital

No caption
No credit
No caption

Cek kondisi sokbreker bila usia di atas dua tahun, pastikan tidak ada rembesan oli

No caption
No credit
No caption

Karet footstep lebih cepat termakan usia karena gesekan dengan sepatu


No caption
No credit
No caption

Mesin bandel 150 cc, perhatikan kondisi karet vakum karburatornya




Plus:
1. Handling mantap
2. Hemat BBM
3. Spare parts terjangkau

MInus:
1. Mesin kurang bertenaga
2. Bohlam lampu rem kurang awet
3. Sil sokbreker depan rawan bocor

Spesifikasi singkat

Kapasitas mesin 153 cc
Konfigurasi mesin 1 silinder SOHC
Transmisi 5 speed M/T

Cek kondisi gir set, ganti jika sudah aus
Gejalanya diketahui dari tarikan motor yang selip dan terdengar suara berisik dari mesin, khususnya bagian kopling,” jelas Arif, mekanik Wijaya Motor Yamaha yang berlokasi di Lubang Buaya, Jaktim. Kemudian cek juga kondisi spidometer digital, pastikan semua berfungsi normal.
 
Lihat juga lampu engine check, kalau terjadi kedipan yang lebih dari satu kali maka kemungkinan sistem kelistrikan ada yang bermasalah. Tidak ketinggalan sekalian cek kondisi gir setnya, biasanya sudah minta jajan. Pada sektor suspensi, perhatikan kinerja sokbreker depan dan belakang.  

Jika jam terbang tinggi biasanya mulai ada rembesan oli, khususnya di sokbreker depan. Cek juga bushing swing arm, komstir dan lainnya. Harga pasaran Yamaha Byson lansiran 2013 ini masih berkisar Rp 12 juta sampai Rp 13 juta. Kondisi dan kelengkapan surat-surat motor juga dapat mempengaruhi harga jual. • (otomotifnet.com) 

Menakar Biaya Servis
Buat mengembalikan performa agar kembali tangguh, tak ada salahnya melakukan servis. Biaya servis ringan Byson cuma Rp 40 ribu, isinya membersihkan karburator, ganti oli dan cek komponen keseluruhan. Jika ingin servis berat dikenakan biayanya Rp 150 ribu, nanti motor Anda akan dibongkar kepala silinder untuk dibersihkan.

Kalau kondisinya sudah parah dan harus turun mesin, biaya overhaulnya cukup Rp 250 ribu. Harga-harga tersebut di luar parts, hanya jasa servis saja. Kalau sokbreker depan atau koplingnya bermasalah, biaya jasa servis hanya dikenakan Rp 35 ribu saja, motor akan kembali nyaman dipakai.

Jangan lupa selalu pastikan kondisi aki dan voltasenya tetap terjaga, karena sistem kelistrikan motor ini DC dan membutuhkan aki yang prima.

Harga Komponen
Busi Rp 14.500
Kampas rem depan Rp 75.000
Kampas rem belakang Rp 42.000
Filter oli Rp 25.000
Filter udara Rp 43.000
Kampas kopling Rp 224.000
Gir set Rp 370.000
Oli mesin Rp 41.000
Aki Rp 207.000
Sumber: Wijaya Motor Yamaha, Ruko Lubang Buaya,
Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jakarta Timur. Telp. 021-8411355



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa