Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride Prototipe Motor Listrik Viar, Belum Sempurna Tapi...

Otomotifnet - Kamis, 29 Oktober 2015 | 15:22 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Kini giliran PT Triangle Motorindo (TM), selaku prinsipal Viar Motor Indonesia berencana mengembangkan motor tanpa bensin. Menariknya, sebelum resmi dipasarkan tahun depan, OTOMOTIF sudah boleh jajal prototipe skuter listik ini. Langsung gas nih! Secara desain sebenarnya sudah memiliki headlamp hingga bodi yang futuristik dan tampak apik.

Tapi, dimensinya memang dirasa masih terlalu besar. Selain kegedean untuk postur Indonesia, juga tampak kurang proporsional dengan ukuran rodanya. “Sedang disempurnakan, nantinya pasti akan lebih menarik,” sahut Frengky Osmond dari tim marketing PT TM.

Saat hendak mengoperasikannya ternyata mudah. Tinggal putar kunci kontak ke posisi on, maka saat gas dibuka motor akan langsung ngacir! Ups ternyata responsif, untung rem depan-belakang sudah disc brake. Akselerasi yang cepat terasa sampai 40 km/jam, tapi larinya hanya mentok di kecepatan tersebut.

Sayang, belum ada indikator yang menunjukan jika motor sudah on dan siap digas. Maklum tidak seperti motor bakar, skuter listrik ini tidak ada suaranya, antara mesin nyala dan mati tidak ada beda. Sebaiknya juga ditambahkan pemutus arus saat standar samping dibuka pada posisi kontak on, agar tak bahaya saat parkir dan lupa putar kunci kontak ke posisi off.

Lalu bagaimana dengan charging-nya? “Colok saja ke listrik rumah,” yakin Frengky sambil menjelaskan jika spesifikasi aki yang saat ini dipakai belum final, nantinya akan pakai aki tipe lithium. Posisi colokan charger ada di bawah jok.

Ada juga circuit breaker mirip listrik di rumah, kalau ada korsleting otomatis memutus arus ke komponen vital seperti controller atau battery management system. Gimana, ada tambahan masukan?• (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Motor listrik ada di teromol roda belakang, spesifikasinya masih rahasia



Lihat area kolong, baterai dari aki konvensional tampak terlalu besar. Nantinya akan diganti tipe lithium yang lebih ringkas



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa