Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis Kawasaki KLX 150, Nih Treatment di Bengkel Resmi

Otomotifnet - Senin, 9 November 2015 | 07:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Servis berkala dilakukan tiap 3.000 km atau 2 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai, totalnya ada 20 item pengecekan wajib


Jakarta
- Harus diakui, tidak semua pemilik Kawasaki KLX 150 melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Bengkel rujukan komunitas lebih sering jadi tambatan para pecinta adventure, tentu treatment-nya disesuaikan dengan trek blusukan yang dilalui. 

Meski begitu, yang setia pada bengkel resmi juga tetap ada, “Jumlahnya lumayan, biasanya mereka yang menggunakan untuk harian dan adventure-nya sesekali saja,” buka Eddy Yulianto kepala mekanik di Kawasaki Super Sukses Motor. Penasaran seperti apa perawatannya? Simak terus! 

Servis berkala dilakukan tiap 3.000 km atau 2 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai, totalnya ada 20 item pengecekan wajib. Beberapa yang vital coba dijelaskan oleh Eddy, seperti membersihkan karburator Keihin NCV24 nya serta filter udara. 

“Filter udara ini jangan sampai lupa untuk dicek, karena busa filter bisa getas dan masuk ke dalam karburator lalu menyumbat. Setelah filter udara dibersihkan, beri sedikit oli supaya tidak mudah kering dan getas,” lanjut pria ramah ini sambil mengingatkan untuk ganti baru juga sudah rusak, murah cuma Rp 52 ribuan.
 
Jangan lupa cek kondisi dan kerenggangan busi NGK CR7HSA ini yang ideal nya 0,6-0,7 mm dan diganti setiap kelipatan 12.000 km atau 12 bulan. Untuk oli wajib diganti tiap 3.000 km, ada dua pilihan oli, KGO STD dan KGO Ultimate. Filter olinya ganti tiap 3 kali ganti oli mesin.

“Kapasitas oli yang dibutuhkan tanpa penggantian filter oli adalah 1,2 liter, namun jika dilakukan dengan penggantian filter oli maka butuh 1,3 liter. Karena oli yang tersedia hanya 1 liter per botol maka konsumen harus membeli 2 botol. Sisanya bawa pulang, lumayan buat servis berikutnya,” tutur pria yang berkantor di Jl. Raya Fatmawati, Jaksel ini.

No caption
No credit
No caption

Ada dua pilihan oli, silahkan pilih sesuai kantong

No caption
No credit
No caption

Kalau stok kosong, filter oli bisa comot kepunyaan Ninja RR Mono. Sama persis!


Filter udara jangan sampai getas, kalau rontok bisa masuk ke karburator. Agar awet, setelah dibersihkan beri sedikit oli

TREATMENT PASCAADVENTURE

Salah satu treatment khusus untuk trail ini adalah servis Uni-Trak atau link pada suspensi monoshok, terlebih setelah main tanah. Gejala awal bila tidak rajin merawat Uni-Trak adalah timbul bunyi menggangu saat lengan ayun bergerak.

“Dampak paling buruk, boshing serta sleeve yang ada di Uni-Trak bisa kaku, berkarat bahkan sampai pecah. Kalau itu terjadi biaya part yang harus ditebus kurang lebih Rp 700 ribuan di luar ongkos kerja,” tegas Edoy sapaan akrabnya.

Selain itu, harus diperhatikan setelah adventure adalah kampas kopling, umumnya cepat habis karena sering selip kopling. “Saat melakukan penggantian kampas kopling disarankan untuk mengganti juga kabel kopling,” tutupnya. • (otomotifnet.com)

List Pemeriksaan Servis Berkala

Periksa tekanan udara
Periksa sistem control throttle
Periksa suspensi
Periksa arah sorot lampu depan
Periksa kekencangan mur, baut dan pengencang
Periksa fungsi kerja kopling
Periksa kerusakan bearing roda
Periksa jari-jari roda dan ban
Periksa keausan chain guide dan rantai roda
Periksa fungsi kerja rem
Periksa switch lampu rem
Periksa batas ketinggian minyak rem
Periksa keausan kanvas rem dan pad rem
Periksa fungsi kerja sistem kelistrikan
Lumasi sistem suspensi
Ganti oli mesin dan oil filter
Periksa kondisi busi
Bersihkan sistem bahan bakar
Periksa putaran stationer mesin
Periksa gerakan kemudi

Daftar Harga
Service ringan Rp 80.000
Service unitrack Rp 100.000
Jasa ganti kampas kopling Rp 80.000
Kampas rem depan Rp 78.000
Kampas rem belakang Rp 129.000
Kampas kopling 13088-0040 Rp 59.000
Kampas kopling 13088-0041 Rp 59.000
Kampas kopling 13088-1077 Rp 72.000
Seal shock depan Rp 36.000
Kabel kopling Rp 30.000
Filter udara Rp 52.000
Filter oli Rp 13.000
Oli KGO STD Rp 45.000
Oli KGO Ultimate Rp 80.000
Kawasaki Super Sukses Motor : 021-7591242

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa