Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemerintah India Galakkan Mobil Listrik, Indonesia Kapan?

Bagja - Senin, 9 November 2015 | 16:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Era mobil listrik, suka tidak suka akan hadir di dunia. Bahkan, India yang notabene bukan raksasa dalam industri otomotif sudah mulai menggalakkan mobil listrik di negaranya. 

Pemerintah India sedang mengembangkan berbagai platform kendaraan listrik untuk roda dua, mobil kecil dan komersial. Dan hanya ditargetkan dua tahun kedepan semua proyek ini sudah rampung.

Pemerintah India akan mengambil inisiatif untuk memperkenalkan kendaraan listrik dari semua kategori mobil. Pabrikan-pabrikan besar di India seperti Tata Motors, Ashok Leyland, Mahindra dan Eicher dikatakan siap menggarap proyek mobil listrik ini.

"Proyek sedang berlangsung, pemerintah akan mengungkap prototipe awal sekitar 18 bulan kedepan. Sedangkan peluncurannya dalam 24 bulan kedepan," ujar Additional Secretary of the Department of Heavy Industry, Ministry of Heavy Industries & Public Enterprises, government of India

Asiknya lagi, pemerintah India jugalah yang mengajak serta para Pemegang Merek tersebut untuk mengembangkan mobil listrik, mirip yang dilakukan di Indonesia dalam program mobil murah LCGC. Pabrikan akan menampilkan prototipe buatannya sendiri, dan membuat merek individual yang tidak diintervensi pemerintah.

Namun meskipun para pabrikan bisa membuat mobilnya sendiri sesuai ciri khas merek masing-masing, tapi platform, spesifikasi dan komponen semuanya akan disamakan. Pabrikan bebas membuat mobil listrik dari platform bersama.

Proyek ini merupakan bagian dari Indian Government Faster Adoption and Manufacturing of (Hybrid &) Electric Vehicles scheme (FAME). Dan pastinya ada insentif khusus bagi tiap-tiap pabrikan yang membuat mobil listrik untuk India.

Kalau India saja sudah bersiap untuk menyongsong era mobil listrik, Indonesia malah melakukan kriminalisasi terhadap pencetus mobil listrik Dahlan Iskan. Lalu, mau kapan Indonesia memulai era mobil listriknya? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa