Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Kia Sportage Option A/T 2012, Sangar Ala OEM Style

Otomotifnet - Jumat, 23 Oktober 2015 | 11:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Suku cadang tambahan yang jarang dijual di Tanah Air tidak menghentikan Andrie dalam memodifikasi SUV Koreanya.


Jakarta - Sejak meminangnya 3 tahun lalu, pemilik All New Sportage tahun 2012 ini sudah kepincut desainnya. Namun agar terlihat berbeda, Andrie Hendriansyah memutuskan untuk mengaplikasikan ilmu memodifikasi yang selalu ia terapkan sebelumnya.

No caption
No credit
No caption

Di ID-Sportage jarang yang main mesin, agar performa lebih dapat diatur, dipasangkan Dastek Q+ dan throttle controller


"Yang jelas soal performa, tidak mau kalah dari SUV Jepang, jadi saya mulai di mesin saja," jelas Andrie. Sayangnya, jangankan piston kit atau turbo bolt-on, sekadar replacement filter saja sulit dicari untuk Sportage. Perlu diimpor dari luar terlebih dahulu. Akhirnya, metode memaksimalkan ECU via piggyback dipilih.

No caption
No credit
No caption

Motif karbon juga ditemui di dasbor, door trim dan area tuas tranmsisi untuk menyeragamkan eksterior


"Pakai Dastek Q+ di-tuning Om Soleh Sigma Speed, plus throttle controller bisa lah sekarang akselerasi ngimbangin larinya CR-V 2.4," tambah pria yang berdomisili di Bekasi ini. Namun Ia merasa kurang puas lantaran sudah menemukan Sportage yang sudah dipasangi turbo di Indonesia. "Sudah bukan yang paling kencang lagi sekarang di komunitas, hahaha..."

No caption
No credit
No caption


Fog lamp ganti versi Eropa, sedangkan lampu sein pada head lights sudah LED


Tutup kap mesin, eksterior dirasa perlu ikut dirambah. Mulai dari lampu, semua diganti dengan versi Sportage yang beredar di Eropa. Mulai dari lampu kabut bentuk L, lampu sein depan dengan LED, lampu belakang dan reflektor LED, semua ditukar dengan versi OEM.

No caption
No credit
No caption

Pelek Privilege 20 inci menguatkan kesan sangar tanpa merusak aliran


Beruntungnya, Andrie tidak perlu sampai ke Korea untuk mendapat barang-barang tersebut karena kebetulan PT. Kia Mobil Indonesia waktu itu mau menyediakan. Kabin tampil standar tanpa ada pelapisan ulang bahan, namun diberikan stiker motif karbon 3M di sekujur bagian untuk menyamai bagian luar yang juga dilapis dari kap mesin ke atas.

Terlihat simpel, namun lampu full LED ini menguras kocek cukup dalam. Semua disediakan PT. KMI dengan permintaan khusus


Terakhir, audio juga disentuh agar hiburan kabin tetap maksimal, namun tanpa mau mengganti HU standar karena enggan menghilangkan kesan orisinalitas. "Tambah subwoofer 10 inci, sisanya di-setting oleh Ko Ayung Dutamas, biar enak dengerin Tony Daren, Fourplay atau Genesis, hehehe," ungkap pria yang biasa bermain kendaraan off-road tersebut.
(otomotifnet.com)

PLUS:
-
Eksterior sangar tanpa menghilangkan kesan standar

Minus:
-
Interior kurang maksimal

DATA MODIFIKASI:

Eksterior Head lights OEM Kia, Fog lights OEM Kia, Stop lamp LED Custom OEM Kia, Reflector LED Custom OEM Kia, Spoiler OEM Kia, Front Diffuser OEM Kia, Rear Diffuser OEM Kia, 3M Carbon Sticker Interior 3M Carbon Sticker, No Doubt Start/Stop Engine Button + Alarm System Kaki-kaki Privilege 20 inci, Toyo 245/45R20 Mesin Dastek Unichip Q+, Throttle Controller Dastek Audio Subwoofer 10 inch, tuned by Koko Ayung Audio




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa