Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Long Term Test Produk Aftermarket, Ini Pengakuan Driver Lintas Sumatera Yang Ikut Pengetesan

Denta - Sabtu, 14 November 2015 | 09:52 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta
- Untuk dapat menembus jalur Sumatera dengan maksimal, tim OTOMOTIF dalam melakukan perjalanan Long Term Test produk aftermarket ini juga ditemani oleh ‘kuncen’ trans Sumatera, yaitu Johni Steven.  Pria berperawakan sedang ini sudah sangat mengerti tentang kondisi jalan di pulau Sumatera.  “Saya sering mengantar mobil jalan darat dari Jakarta ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk Sumatera. Mulai dari mobil mewah sampai sasis bus/truk,” ujar ayah 1 anak ini.

Makanya, pria yang mengantar mobil sejak tahun 1998 ini enggak hanya hapal rute, tapi juga kondisi  jalan hingga tempat-tempat menarik untuk disinggahi. Bahkan kebiasaan di suatu daerah pun Johni juga tahu.  “Karena sudah sering lewat dan singgah jadi hapal,” ucapnya sambil tertawa.

Hebatnya, kemampuan membawa mobil dan menjaga stamina termasuk luar biasa. Sejak start dari Medan hari Jumat (6/11) hingga finish di Jakarta  (14/11) hanya sekali absen dari kursi pengemudi. Itupun karena 'dipaksa' istrahat. “Sudah biasa mas, yang penting makan teratur. Kalau cape ya istirahat tidur,” lanjut Johni.

Lantaran sering mengantar berbagai macam mobil ke berbagai daerah di  Indonesia membuat pria berusia 36 tahun ini punya segudang pengalaman. Paling apes saat dirampok di wilayah Lahat, Sumatera Selatan. Saat mengganti ban tiba-tiba disambangi segerombolan orang berkendara motor.

“Untungnya masih bisa ngelawan dan kabur ke rumah penduduk. Cuma kena pukul  gagang pistol aja di kepala,” ujar pria hobi nyanyi ini. Seraya menambahkan mobil yang ditinggal kabur ternyata tidak diambil sama kawanan rampok, jadi bisa di bawa lagi. Senangnya bisa banyak teman, sedangkan sedihnya jadi sering kangen keluarga. Karena sekali jalan bisa makan waktu seminggu hingga sebulan lebih.

Menurutnya jalur lintas Sumatera memang cocok digunakan untuk melakukan uji ketahanan produk aftermarket. Selain jalannya yang berliku dan konturnya naik turun, di beberapa ruas banyak yang rusak atau sedang di perbaiki. Cuacanya juga berbeda dengan di Jawa. "Selama saya bawa mobilnya tidak ada masalah, lampu jelas, pengereman bagus, kaki-kaki juga tetap stabil," tutup Johni (otomotifnet.com).


Editor : Denta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa