Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive All New Honda Civic Type R 2015, Terkencang Berkat Keong

Otomotifnet - Selasa, 3 November 2015 | 12:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pertama kalinya di line-up Civic Type R yang menggunakan mesin turbo


Jakarta - Kaum pencinta kecepatan pasti enggak sabar menunggu kehadiran varian terbaru dari Honda di line-up Type R, yakni All New Civic Type R 2015. Pasalnya, hatchback generasi ke empat ini telah diluncurkan pada Geneva Motor Show 2015 lalu. Artinya, Honda siap untuk bersaing ketat dengan VW Golf R, Ford Focus RS dan Renault Mégane R.S. 275.

Tak lama, OTOMOTIF mendapat kabar bahwa Showroom mobil CBU Terminal Motor di Kelapa Gading, Jakut punya 2 unit. Langsung datangi ruang pamernya, tak ketinggalan sedikit mencicipi dong. Lalu apa saja keunggulan dan ketangguhan sportcar yang dibanderol Rp 1 Milliar lebih ini? Ikuti terus! • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Mesin sudah menggunakan teknologi Earth Dreams

MESIN BARU

Sesampainya di sana, langsung penasaran untuk membuka kap mesin. Masih tetap mengandalkan kapasitas 2.000 cc, namun Honda selalu mengembangkan dan meningkatkan performa. Kini mengadopsi teknologi Earth Dreams.

Masih tertanam ‘jantung' berkode K20C1, i-VTEC yang dilengkapi rumah keong alias turbocharger. Mesin tersebut diklaim dapat menyemburkan tenaga sekitar 305 dk dengan torsi 401. Bisa dibilang, ini adalah mesin terkencang di varian Civic Type R yang Honda ciptakan.

Penerus tenaganya, mesin tersebut dipadu transmisi manual 6-percepatan. Rasa saat menginjak kopling enggak berat seperti kopling mobil balap, walau memang agak keras. Perpindahan gigi terasa mudah dan halus.

Dengan semua penyempurnaan tersebut, hatchback ‘ganteng' ini dapat berakselerasi 0-100 kpj hanya memakan waktu 5,7 detik dan dapat mencapai kecepatan maksimal 270 kpj. Kebayang kan tenaga yang dihasilkan berlimpah dari rpm bawah hingga atas.

No caption
No credit
No caption

Posisi nyetir terasa nyaman dan aman karena dipeluk jok semi-bucket

RACING FEEL

Saat memasuki kokpit, terlihat sepasang jok semi-bucket, dipadu lingkar kemudi yang didesain mirip dengan setir balap. Yang paling menarik, di sebelah kanan dekat spidometer yang didominasi warna merah, terdapat tombol bertuliskan R+.

Efeknya setelah ditekan, karakter mesin akan berubah lebih bertenaga dan karakter setir terhadap jalan akan terasa lebih mantab. Untuk memantau kinerja mesin, sudah dilengkapi dengan intelligent Multi Information Display (i-MID).

No caption
No credit
No caption

Bagi yang bernyali lebih saat memacu dalam kecepatan tinggi, silahkan pencet tombol R+

Fitur tersebut meliputi G-Meter and brake pressure, accelerator pedal position, boost pressure, water temperature, oil pressure, oil temperature, lap time, acceleration time dan masih banyak lagi. Di atas spidometer, terdapat rev indicator untuk mengatur perpindahan gigi yang sempurna.

Dicoba sepintas di sekitar area showroom, bantingan kaki-kakinya bisa dibilang kaku untuk melibas jalanan bergelombang. Ciri khas sportcar. Wajar saja, karena ini bukan sekadar mobil untuk harian, melainkan siap untuk dipacu di lintasan balap. 

 Data Spesifikasi:

Mesin: 2.000 cc Earth Dreams Technology series, K20C1 i-VTEC Turbo, Dual-Variable Timing control (VTC), cast aluminium piston, aluminium VTEC rocker arm, forged conrods & lightweight crankshaft Tenaga maksimal: 305 dk @ 6.500 rpm Torsi maksimum: 400 Nm @ 2.500-4.500 rpm Tranmisi: manual 6-percepatan Stir: Dual pinion electric power steering (EPS) Suspensi depan: Advance dual axis strut Suspensi belakang: Torsion beam Rem depan: 13.8 inci rotor, Brembo 4 pot


No caption
No credit
No caption

Desain pelek sangar dipadu BBK dari Brembo


No caption
No credit
No caption

Dari lubang tersebut keluar raungan merdu khas mesin K20, kini ditambah turbo

Buritan terlihat sangar, pakai wing tinggi carbon plus diffuser carbon


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa