Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngabubutips Bikin Mud Flap dari Papan Talenan

Otomotifnet - Senin, 27 Juni 2016 | 15:49 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mau mobil tampil ala mobil-mobil rally, ada cara murah dan mudah sambil menunggu buka puasa. Cara untuk membuat mud flap dari berbagai jenis bahan, termasuk PU (polyurethane), busa hati dan fiber.
 
Cara untuk membuat mud flap dari berbagai jenis bahan, termasuk PU (polyurethane), busa hati dan fiber.Meski sudah cukup terjangkau, namun tren yang kini sedang populer di luar negeri ternyata punya alternatif yang lebih murah lagi.

Dibanderol seharga Rp 39.900 ribu di IKEA Indonesia, papan talenan fleksibel yang disebut Drälla ini sedang ramai digunakan oleh komunitas sportcar di luar negeri untuk dijadikan mud flap versi superterjangkau. Kelenturan dan kekuatan dari bahan tersebut juga menjadi alasan banyak dipergunakannya.

Penasaran, kami coba membuat penangkal lumpur dan batu tersebut. Yuk, simak langkah-langkahnya. 
No caption
No credit
No caption


01.Dengan harga tersebut, bakal mendapatkan sepasang talenan fleksibel berukuran 37 cm x 29 cm dan tebal 2 mm. Bahannya adalah plastik polyurethane, sehingga mirip  dengan yang dipakai dalam kompetisi reli sungguhan.

02. Menggunakan pulpen atau spidol, mud guard standar dijadikan cetakan di atas talenan dengan memaksimalkan ruang, sehingga satu papan dapat dijadikan sepasang mud flap. Enaknya rally style, panjang dan lebar luar mud flap yang didesain dapat dibuat lebih. Untuk Toyota Avanza contohnya, panjang dapat dilebihkan sekitar 3,5 cm. Lubang baut aslinya juga perlu ditandai agar dapat dilubangi nantinya.

No caption
No credit
No caption


03. Hasil cetakan dipotong menggunakan gunting, namun perlu diingat ketebalan Drälla mencapai 2 mm, sehingga diperlukan gunting yang cukup kuat. Jika tidak ada bor portable, bisa menggunakan baut tajam yang diputar dengan obeng untuk melubangi titik baut.



04.Setelah terpotong, tentu kepet yang sudah jadi dapat dihias sesuai selera, misalnya dicat menjadi warna favorit menggunakan cat semprot atau ditempel stiker agar makin personal.

05. Karena dicetak menggunakan mud guard aslinya, menempelkan budget mud flap ini ke mobil tujuan hanya perlu memasukkan baut ke lubang yang sudah dbuat.

06. Voila!. Begini nih, budget mud flap versi OTOMOTIF

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa