Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Ringan Cek Ban Mobil

Otomotifnet - Sabtu, 24 Oktober 2015 | 16:11 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta
- Bagi Anda pemilik mobil pasti tidak asing dengan istilah balancing dan spooring. Nah, istilah ini biasanya berkenaan dengan sektor ban mobil yang biasanya dilakukan setiap enam bulan sekali. “Memang sebaiknya balancing dan spooring ini dilakukan setiap enam bulan sekali, tapi kembali pada kondisi jalanan yang dilalui setiap hari juga,” ujar Thomas Nawilis, pemilik bengkel Nawilis yang sudah berpengalaman di bidang ini.

Mobil itu perlu dibalancing ketika ada gejala getar dari ban pada kecepatan di atas 60 km/jam. “Getarannya timbul karena pelek dan bannya tidak seimbang, hal ini bisa terjadi karena benturan atau bisa juga dari konstruksi bannya,” tutur Thomas lagi.

Kalau spooring diperlukan ketika ada gejala ‘menarik’ pada salah satu sisi dari setir atau mobil berjalan lurus namun setir terlihat miring. “Kalau ini terjadi perlu disetting ulang lagi,” tukasnya. Kalau dibiarkan tapak ban bisa habisnya tidak rata. “Bisa bagian luar saja atau sebaliknya,” jelasnya lagi. • (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa