Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganasnya Honda All New Civic Type R

Otomotifnet - Rabu, 18 November 2015 | 11:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Tokyo
- Buat Anda tifosi Honda Civic, ada tawaran menggiurkan dari CEO Honda Motor Co., Ltd., Takahiro Hachigo, yakni All New Civic Type R! Sejalan dengan tema kampanye Honda di 44th Tokyo Motor Show, The Power of Dreams, generasi ke-4 dinasti Civic Type R ini dibekali fitur baru pengekstrak tenaga.

HANYA 750 UNIT

Yup, ini pertama kali varian Civic dibekali perangkat forced induction, turbocharger. Sejak kelahiran generasi pertama di 1997 (sasis EK9), generasi ke-2 2001 (sasis EP3), dan generasi ke-3 2007 (sasis FD2 dan FN2) dapur pacu eks pabriknya selalu normally aspirated (N/A). Kini, dengan mengusung konsep development “Soul-shaking Superior Drive”, Honda berani melansir versi turbo orisinal pabrik.

Pastinya, mesin 2.0L VTEC turbo bisa meledakkan daya maksimum hingga 310 PS/228 kW dan torsi maksimum 400 Nm/7.000 rpm. Angka segitu melambungkan performa generasi terbaru ini ke puncak tertinggi. Buktinya saat pengetesan di SirkuitNurburgring, Jerman, Honda mengklaim mencetak rekor kecepatan tertinggi untuk mobil produksi berpenggerak roda depan. Angkanya, 7:50:63!

Pastinya enggak hanya perangkat turbo, turut menyumbang akselerasi cepat adalah ‘program diet’ di jeroan mesin yang bergerak macam piston, con-rod dan crankshaft. Sistem gas buang beresonator juga ikutan mengumandangkan nada balap, mulai start engine hingga kecepatan tinggi.

Lalu, menemaniagresivitas mesin, transmisi manual 6 tingkat percepatan dengan cross section disemat. Tujuannya agar proses pemindahan cepat sekaligus mendorong nafsu mengoper gigi ke top gear. Inovasi teknologi berkelas lainnya adalah Adaptive Damper System empatpoin.

Dikembangkan khusus untuk Type R guna mengontrol secara real time dan berkesinambungan kinerja ke empat roda. Berdasarkan input daripengemudi dan kondisi kendaraan untuk menjaga stabilitas, distribusi bobot secara merata di keempat roda dan menjaga manuver tetap dalam kondisi stabil meski dalam kecepatan tinggi.

Lalu, bagaimana dengan penghenti laju? Tenang, mobil yang punya top speed hingga 230 km/jam ini, keempat rodanya dijaga Brembo monoblock 4 pot Aluminum calipers dengan ventilated disc ukuran gede.

Uniknya, mungkin sebagai pancingan agar penasaran, varian hot ini tidak jor-joran diproduksi. “Per November, kami mulai menawarkanhanya 750 unit All New Civic Type R pada konsumen kami di Jepang. Dengan harga 4,28juta Yen (sekitarRp. 487,92 juta/kursRp 114/Yen),” ucap Hachigo-San dalam pidato sambutannya di Tokyo Motor Show 2015.

Lebih jauh, Honda menerima order via website, dimulai sejak Kamis (29/10) hingga Senin (23/11). Ayo pesan, masih ada waktu! • (otomotif.com)

No caption
No credit
No caption

Honda Civic Type R full

No caption
No credit
No caption

Pertama kali pakai turbo, 0-100 km/jam 5,7 detik saja

Transike aspal dijaga ban performa tinggi ukuran 235/35Z R19


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa