Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : GP Valencia Dalam Angka, Ada Peristiwa Menarik Apa Di Sana?

Dimas Pradopo - Kamis, 5 November 2015 | 23:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Valencia – Seri pamungkas MotoGP 2015 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol akhir pekan ini selain menyajikan pertarungan akbar perebutan gelar juara dunia anatara Rossi dan Lorenzo, juga ada sejumlah peristiwa menarik. Apa saja?

343 - Johann Zarco sudah mengumpulkan 343 point di kelas Moto2 musim ini. Jika di Valencia ia finish peringkat ke-12 atau lebih baik, maka ia membuat rekor baru point terbanyak dalam satu musim di kelas menengah. Rekor itu saat ini dipegang Tito Rabat, juara dunia Moto2 2014, yang mengumpulkan 346 point.

100 - Kemenangan Dani Pedrosa di Malaysia adalah kemenangan ke-100 pembalap Spanyol di kelas MotoGP sejak diperkenalkan pada tahun 2002: Jorge Lorenzo 39 kali, Dani Pedrosa 28, Marc Márquez 24, Sete Gibernau 8, Toni Elias 1. Negara yang paling sukses bagi pembalap Spanyol di kelas MotoGP adalah: Italia 91 kali, Australia 40, Amerika 4, Brasil 3 dan Jepang 3.

100 - Yonny Hernandez akan menjalani balapan ke-100 di Valencia. Hernandez 31 start di kelas Moto2 sebelum naik ke kelas MotoGP di 2012. Di kelas utama ini akan jadi balapan ke-69.

99 - Kemenangan Dani Pedrosa di Malaysia adalah podium ke-99 di kelas MotoGP. Jika naik podium lagi akan membuatnya jadi pembalap kedua bersama Valentino Rossi, yang mencapai 100 kali naik podium di kelas utama.

96 – Posisi kedua Jorge Lorenzo di Malaysia adalah podium MotoGP ke-96 nya. Pencapaian podium di kelas utama ini lebih dari lima kali yang didapat juara dunia GP 500 cc Mick Doohan. Ia hanya berada di bawah Pedrosa dan Rossi.

51 - Di GP Malaysia, Dani Pedrosa mencetak 51 kali kemenangan. Satu kemenangan lagi ia aka menyamai juara dunia tujuh kali Phil Read.

17 - Valentino Rossi dan Bradley Smith telah mencetak point di semua balapan (17 seri) MotoGP musim ini. Jika keduanya meraih point di Valencia, mereka bersama-sama bergabung dengan pemegang rekor selalu dapat point dalam satu musim. Saat ini rekor dipegang Casey Stoner (2007), Valentino Rossi (2008) dan Jorge Lorenzo (2010) dengan 18 seri.

7 - Pada GP Malaysia, Dani Pedrosa adalah pembalap ketujuh berbeda peraih pole position di kelas MotoGP tahun ini. Ini jumlah pole-setter terbesar sejak 2006.

7 - Valentino Rossi memimpin tujuh point atas Jorge Lorenzo adalah jarak terkecil di antara dua besar sebelum akhir musim sejak 1992.

2 - Sejauh ini, hanya dua pembalap di putaran terakhir yang kalah point dan berhasil keluar sebagai juara dunia: Wayne Rainey pada 1992 dan Nicky Hayden di 2006. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa