Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Final Yamaha Cup Race. Merit Sebar 14 Mesin: Itu Belum Seberapa

Jumat, 13 November 2015 | 11:40 WIB
No caption
No credit
No caption

Merit Waskito, mekanik senior tanah air salah satu mekanik yang menyebar banyak mesin garapannya ke tim-tim lain. Total di final
Yamaha Cup Race di Sentul, Bogor, Jawa Barat (12-15/11), ada 14 motor yang modifikasi mesinnya digarap pria asal Solo ini.

“Totalnya ada 14 mesin. Tapi ini belum seberapa dibanding final Yamaha Cup Race 2006 lalu di Kemayoran (Jakarta). Saat itu ada 34
motor. Itu zaman awal-awalnya Jupiter,” terang Merit di sela-sela kesibukannya di sirkuit Sentul (12/11).

Tim yang mendapat suplai mesin berasal dari Sumatra, yakni Banda Aceh dan Medan. Totalnya ada 10 mesin untuk luar Jawa. Khusus mesin injeksi Jupiter Z1, merupakan hasil risetnya yang ia mulai awal 2014.

“Untuk belajar perlu satu tahun lebih. Yang lama itu mencari daya tahan mesin, kalau untuk menaikkan power sih mirip-mirip (dengan karburator). Piston jebol sudah 20 buah lebih,” papar mekanik yang tergabung dalam tim Yamaha Yamalube RPM NHK FDR SSS KYB AHRS R9.

Nah, setiap mesin standar yang sudah ia up-grade untuk balap,  dikirim ke pemesan dengan dilengkapi catatan spesifikasi mesin. Seperti kompresi, bukaan kem, jarak clearance piston dan lainnya. 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa