Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP. Komentar Pembalap Tentang Pemakaian Elektronik Baru

Rabu, 11 November 2015 | 14:15 WIB
No caption
No credit
No caption

MotoGP 2016 dari titik ini bak memulai dari nol kembali. Bagaimana tidak, hari pertama tes di Valencia, Spanyol (10/11), para pembalap memberikan impresinya tentang penggunaan Michelin yang berdiameter lebih besar, 17 inci.

Setelah itu, para pembalap dihadapkan pada penggunaan electronic control unit (ECU) yang sama untuk disematkan pada motor-motor mereka. Riders papan atas ini pun memberi komentarnya atas ECU bikinan Magneti Marelli ini.

Jorge Lorenzo masih menggunakan elektronik lama dan akhirnya menggunakan motor baru yang pastinya dengan elektronik baru. “Hampir sepanjang hari kami memakai elektronik yang lama, kami melakukan run terakhir dengan motor dan elektronik baru. Tapi kami lebih banyak berkonsentrasi pada bagaimana memahami ban dan mengubah settingan untuk memperbaiki feeling di bagian depan,” ujar juara MotoGP tiga kali ini ini.

Pembalap Movistar Yamaha ini menekankan bahwa performa motor enggak akan menyamai motor lama. Para pembalap juga akan kesulitan untuk mendapatkan feeling dengan elektronik baru ini.

Sementara Valentino Rossi, mengungkapkan pemakaian elektronik baru ini seperti kembali ke masa lalu di 2008-2009. Ini bukan hal yang diharapkannya karena setiap ganti motor ia ingin motor yang punya performa lebih tinggi.

Meski begitu Rossi menilai ini bagus untuk kompetisi. “Di sisi lain, ini bagus untuk balapan. Karena akan lebih susah untuk membuat catatan waktu yang sama akibat motor yang lebih sulit dikendarai. Jadi bisa saja lebih baik untuk pertarungan selama balapan, bisa jadi lebih fun,” ucapnya.

Di sisi lain, Marc Marquez mengungkapkan hal serupa kalau pemakaian ECU baru ini tak ubahnya sebuah kemunduran. Pasalnya performa motor enggak bisa sama dengan motor versi 2015.

Ia menuturkan kalau timnya mengerjakan pada sisi akselerasi, daya cengkeram, penyaluran torsi yang masih harus diperbaiki.  “Dengan elektronik yang berkurang pastinya kalau Anda punya mesin yang agresif Anda akan punya ‘cuts’ (pengurangan pada tenaga) dan sepertinya elektronik ini bekerja sedikit lebih lambat. Cuts ini muncul belakangan dan sangat besar, jadi kami harus memperbaikinya,” papar Marquez.


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa