Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Kap Mesin Karbon Biar Mobil Bergaya Balap

Otomotifnet - Senin, 26 Oktober 2015 | 18:48 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tren penggunaan bahan karbon, datang dari balapan Formula 1. Makanya enggak heran, kalau bahan ini indentik dengan kecepatan. Bahkan untuk produk-produk yang menggambarkan performa tinggi, pabrikan sudah menyematkan bahan karbon pada beberapa bagian.

Makanya sekarang penyuka modifikasi dengan konsep street racing atau yang doyan kecepatan, gemar mengganti material ini sebagai penguat aksen. Nah salah satu bagian yang paling sering terlihat diganti adalah kap mesin. (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption

ASLI DAN MODIFIKASI

Kap mesin karbon sendiri, enggak ada asli bikinan pabrikan. Kalaupun ada yang menyediakan, biasanya hasil bikinan dari rumah modifikasi yang jadi rujukan pabrikan. Beberapa contohnya TRD (Toyota), AMG (Mercedes-Benz), Ralliart (Mitsubishi atau Mugen (Honda). Itu juga untuk tipe-tipe tertentu saja.

Untuk kendaraan yang beredar di Tanah Air, biasanya pasang kap mesin karbon hasil modifikasi dan teknik modifikasi yang digunakan ada wet dan dry carbon. Untuk yang wet carbon, merupakan teknik pelapisan bahan fiberglass dengan serat karbon.

Irfani dan Hari dari CB-Tech Kudus, Jateng bilang kalau dry carbon itu proses pencetakan dan pengeringan menggunakan sistem infus dan vakum. Jadi campuran resin dan serat karbonnya bisa lebih presisi. Hasil akhirnya, dry carbon bisa lebih tipis dan fleksibel.

No caption
No credit
No caption

MENYERAP PANAS

“Untuk yang benar-benar doyan modifikasi performa, memutuskan pakai kap mesin karbon karena bahan yang lebih enteng dari kap mesin standar. Kalau berbicaranya pakai yang dry carbon, beda bobotnya bisa 2-3 kali lipat lebih enteng dari yang bawaan pabrik,” ungkap Sugiharto.

Lebih lanjut punggawa Autotech Motorsport di Pasar Mobil Kemayoran, Japus itu bilang, bahan karbon punya kemampuan menyerap panas. Jadi panasnya sinar matahari, enggak mempengaruhi suhu mesin. Soal bobot, contohnya untuk kap mesin Honda Jazz bahan karbon bisa lebih kurang 3 kg. Jadi bobot Jazz bisa terpangkas 6 kg, kalau pasang kap mesin karbon.


No caption
No credit
No caption

HARGA 3 LAPIS

Soal harga, tentunya proses dry carbon lebih mahal dari wet carbon. “Bahkan kalau yang merupakan produk aftermarket, banderolnya lebih mahal lagi. Contohnya yang aftermarket bolt on untuk VW Sciroco dan Golf, belinya bisa sampai Rp 18,5 juta,” ujar Ferry Khoe dari Clovertech Garage Indonesia yang markasnya di Bandung, Jabar.

Sedangkan untuk yang custom dengan sistem dry carbon, paling mahal harganya Rp 7,5 juta. Nah kalau kap mesin sistem wet carbon, bermainnya di bawah angka Rp 5 juta. Untuk yang bolt on (impor) atau bikinan dari rumah modifikasi rujukan dari pabrikan, umur pakainya bisa sampai 10 tahun. Nah kalau di luar itu seperti bikinan Taiwan, umur pakainya bisa jadi hanya sampai 3,5 tahun.

BISA DIPERBAIKI

Perlakukan terhadap kap mesin karbon yang salah juga bikin umur pakainya pendek, terutama buat yang bukan barang impor. Seperti bila terlalu sering terpapar matahari, bikin permukaan terlihat menguning. “Atau juga karena lapisan pernisnya yang kurang bagus, bikin gampang mengelupas,” ungkap Sugiharto. Pernis ulang dengan biaya kurang leboh Rp 4,5 juta, bisa dilakukan untuk kerusakan seperti itu. Tapi kalau kerusakaannya sampai bikin bolong, tidak bisa dilakukan perbaikan.


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa