Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Station Wagon LANGKA BERBUAH GENGSI

Editor - Jumat, 20 November 2015 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Ini mobil keluarga versi yang sebenarnya

Jakarta - Eksistensi station wagon di Indonesia seperti antara ada dan tiada. Konsep wagon dianggap tanggung bagi sebagian besar konsumen lokal, memiliki bagasi lebih besar dari sedan namun dengan kapasitas penumpang tak sebanyak minibus atau MPV.

Lucunya mayoritas MPV yang berkapasitas tujuh penumpang itu pun jok baris ketiganya juga jarang diduduki. Dan karena ‘anomali’ seperti itu membuat Agen Pemegang Merek (APM) pun terkesan setengah hati memasarkan model ini secara resmi.

Bisa jadi karena soal langka, alasan sederhana untuk tampil beda, memunculkan sejumlah peminat khusus atas mobil station wagon. Seperti Wagon Rare Club Indonesia (WRCI) yang anggotanya memiliki mobil jenis station wagon yang jenisnya langka saja.

“Pakai mobil station wagon saja sudah merupakan kebangaan tersendiri, apalagi kalau pakai yang langka,” ujar Tegar, salah satu anggota WRCI yang pakai Toyota Caldina wagon.

Karena mobilnya juga langka, soal penggantian komponen baik mekanikan sampai body part tentu mengundang pertanyaan.

Tenang, secara umum tidak jauh beda dibandingkan versi sedannya yang sebenarnya juga banyak beredar resmi di Tanah Air. “Kalaupun tidak ada sekarang sudah bisa beli online kan,” ungkap Ivan, pemilik Mercedes-Benz C230 Estate tahun 1997. • (otomotifnet.com)

Toyota Great Corolla Wagon - Great Corolla wagon mulai berseliweran di jalanan ibukota, harganya termasuk ‘gelap’. Yang pasti bisa di atas Rp 100 jutaan apabila kondisinya bagus. Mesinnya sama dengan versi sedan mudah merawatnya

APA ITU STATION WAGON?

Sejatinya station wagon itu adalah ‘extended version’ dari mobil jenis sedan atau saloon. Maksudnya ada tambahan ruang lagi di bagian belakang mobil dan juga ada pilar D, sementara mobil sedan hanya pilar A, B, dan C saja.

Selain itu biasanya mobil station wagon jok tengahnya bisa dilipat untuk akses ruang kabin yang lebih besar atau akses ke kabin belakang.

Istilah station wagon itu berbeda-beda di setiap negara, seperti misalnya di Perancis menggunakan istilah Break pada Peugeot dan Citroen, maupun Renault. Sementara di Inggris menggunakan istilah Estate, lalu di Jerman sebutannya adalah Kombi. Di Amerika masih mengunakan istilah Station Wagon. Namun ada juga pabrikan yang mempunyai istilah sendiri, seperti BMW yang menyebutnya sebagai Touring. Lalu Audi menggunakan istilah Avant, dan VW mengunakan istilah Variant.

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa