Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Zama Heritage Collection Warisan Budaya Penuh Tenaga

Editor - Jumat, 20 November 2015 | 19:12 WIB

Awalnya hanya ada 1 mobil koleksi. Saat ini terkumpul 400 unit dengan nilai tidak terkira.

Tokyo - Di sela-sela kunjungan ke Tokyo Motor Show 2015 atas undangan PT Nissan Motors Indonesia, OTOMOTIF berkesempatan mengunjungi pula Nissan Zama Heritage Collection. Berlokasi di Kanagawa, Jepang. Di lokasi ini tempat disimpannya warisan budaya mobil-mobil bersejarah produk Nissan dan Datsun. Ada yang memang sekadar buat harian hingga dibuat khusus penuh tenaga untuk reli dan balap.  

Butuh waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan mobil dari Tokyo. Dimulai pada tahun 1954, museum ini hanya memiliki 1 mobil yang di pajang. Yaitu Datsun 1933 model 12 Phaeton. “Dulu lokasi ini memang digunakan untuk menyimpan mobil dan untuk kegiatan pameran sewaktu-waktu,” terang Ryuji Nakayama, Global Marketing Communication Department Zama.

Sekarang di lokasi ini tersimpan sekitar 400 lebih mobil-mobil terkenal produk Nissan dan Datsun. Dari mulai dari produksi pertama Datsun tahun 1933, yaitu Datsun 12 Phaeton hingga produk terbaru. “Koleksi tidak hanya mobil penumpang, tetapi juga truck, van, mobil listrik, mobil balap, pemadam, polisi dan lainnya,” tambah Ryuji. Nilainya tentu sudah tidak terkira.

Saat ingin masuk, pengunjung di kumpulkan di depan rolling door mirip garasi di rumah. Setelah itu pintu akan dibuka secara motorized ke atas. Seakan-akan pengunjung di ajak masuk ke dalam garasi yang sangat besar. Perlahan-lahan akan terlihat isi ruangan yang dipenuhi oleh mobil-mobil yang berjajar rapi dan sangat terawat.

Mobil yang dipajang sengaja dibuat urut dari tahun lawas hingga yang baru. Sehingga pengunjung bisa mengikuti perkembangannya. Di depan setiap mobil terpajang data spesifikasi, di beberapa titik ada papan yang menjelaskan periode perkembangan produk Nissan dan Datsun tersebut.

Asyiknya, ada 3 mobil yang bisa dirasakan oleh pengunjung. Tapi tentu saja tdak dibawa sendiri, tetapi hanya duduk di kursi penumpang. Pengemudinya adalah tim dari museum. Ke tiga mobil itu adalah Nissan Skyline 2000GT-R generasi pertama tahun 1969, kemudian Datsun 15 Roadster 1939  dan Datsun 210 1958 yang pernah ikut Around Australia Rally. Pilot (otomotifnet.com)

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa