Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kalender Kejuaraan Dunia Superbike 2016, Balapannya Sabtu dan Minggu

Sabtu, 21 November 2015 | 03:55 WIB

Eropa – Badan olahraga balap motor dunia (FIM) telah merilis kalender kejuaraan dunia superbike (WSBK) 2016, selain ada kabar buruk dan baik, format balapan WSBK 2016 juga mengalami perubahan.

Kabar buruknya, balapan di Portimao, Algarve, Portugal tersingkir. Sirkuit Monza (Italia) masuk dan kembalinya Lausitzring (Jerman). Kompetisi tahun depan memiliki nama lengkap Motul FIM Superbike World Championship (WorldSBK).

Berita baiknya, jadwal balapan nanti tidak bentrok dengan kalender MotoGP. Tetapi 9 ronde akan bersamaan waktunya dengan balap F1 dan hanya balapan di Donington (Inggris) dan Monza yang zona waktunya bersamaan.

Mengingat waktu yang berbeda untuk balap F1 dan WSBK, penggemar balap motor tentunya tidak akan melewatkan setiap aksi yang terjadi di sirkuit. Termasuk balapan di Lausitzring yang sebelumnya pernah jadi tuan rumah WBSK pada 2005-2007.

Meski begitu, kalender 2016 ini masih menyisakan pertanyaan. Ronde di Jerez (Spanyol) tergantung kontrak, masa depannya masih belum pasti. Portimao yang memiliki trek bagus, hilang dari jadwal 2016 karena kurangnya penonton.

Sementara Monza juga masih menunggu homologasi. Sirkuit ini sedang mempelajari proposal untuk membuat trek yang lebih aman dan terutama mengubah chicane pertama tanpa mengurangi karakter trek.

Kalender 2016 juga mengungkap perubahan format balap. Setiap putaran digelar dua hari. Jika selama ini dua race berlangsung satu hari, Minggu, nantinya dipisah. Race 1 dipentas hari Sabtu dan race 2 hari Minggu.

Itu adalah format yang digunakan pada balapan di AMA (asosiasi balap motor Amerika). Harapannya, akan menarik lebih banyak penonton pada hari Sabtu.

Libur musim panas yang dipakai pembalap untuk refreshing atau mengevaluasi penampilan sebelumnya, akan terjadi dalam waktu sangat lama. Yaitu hampir delapan minggu.

Aksi para pembalap berhenti setelah balapan di Monza, 24 Juli, kembali membetot gas motornya di Lausitzring, 17-18 September. Mantab... (otomotifnet.com)

Kalender WSBK 2016
1. Australia – Phillip Island,  27-28 Februari
2. Thailand – Chang, 12-13 Maret
3. Spanyol – Aragón, 2-3 April
4. Belanda – Assen, 16-17 April
5. Italia – Imola, 30 April – 1 Mei
6. Malaysia – Sepang, 14-15 Mei
7. Inggris – Donington Park, 28-29 Mei
8. Italia – Misano, 18-19 Juni
9. Amerika – Laguna Seca, 9-10 Juli ***
10. Italia – Monza, 23-24 Juli *
11. Jerman – Lausitzring, 17-18 September
12. Perancis – Magny-Cours, 1-2 October
13. Spanyol – Jerez, 15-16 Oktober **
14. Qatar – Losail, 29-30 Oktober

* Tergantung homologasi
** Tergantung kontrak
*** Hanya WSBK (tidak ada kelas Supersport dan Superstock 1.000 cc)

Jadwal Resmi Uji Coba
Pra-musim: Phillip Island - Senin/Selasa sebelum ronde di Australia (WSBK, Supersport)
Setelah lomba 1: Misano - setelah balapan di Riviera di Rimini (WSBK)
Setelah lomba 2: Jerez - setelah balapan di Spanyol (WSBK)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa