Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembalap Swedia Juara Bersama Tim Milik Orang Indonesia

Senin, 23 November 2015 | 15:15 WIB

Makau – Pembalap Swedia, Felix Rosenqvist juara balap F3 Makau di sirkuit jalan raya Guia, Makau, Tiongkok, Minggu (22/11). Keberhasilannya tak lepas dari dukungan tim yang dimiliki oleh jutawan kelahiran Indonesia.

F3 Makau adalah kejuaraan FIA Formula 3 Intercontinental Cup yang masuk kategori balapan khusus. Mempertemukan sejumlah pembalap F3 dari berbagai negara dan juga pembalap mobil turing.

GP Makau sendiri merupakan rangkaian beberapa event, seperti kejuaraan dunia balap mobil turing (WTCC), balap motor, Macau GT Cup, Formula BMW Pacific, Supercar Cup, Porsche Carrera Cup Asia dan lainnya.

Tahun ini event ke-62. Tetapi balapan paling bergengsi adalah F3 yang dipentas sejak 1983. Sejumlah pembalap tenar pernah berlaga di sini.

Ayrton Senna, Michael Schumacher, David Coulthard, Ralf Schumacher, Ralph Firman, Takuma Sato adalah contoh kecil pembalap yang pernah juara di F3 Makau dan jadi pembalap F1.

Pembalap F1 lainnya pernah merasakan sengitnya persaingan di F3 Makau, sebutlah Mika Hakkinen, Lewis Hamilton, Nico Rosberg, Sebastian Vettel, Nelson Piquet Jr., Robert Kubica, Romain Grosjean, Adrian Sutil dan banyak lagi.

Tak heran jika F3 Makau selalu menarik perhatian dan bisa menang di sini jadi kebanggaan tersendiri.

Balap berlangsung di sirkuit jalan raya Guia (6,2 km). Desain treknya mirip sirkuit Monte Carlo, Monako, melewati tepi laut, melaju di antara bangunan toko, gedung perkantoran dan hotel.

Pada balapan hari Minggu, pembalap F3 Eropa Felix Rosenqvist meraih kemenangan berturut-turut setelah tahun lalu. Ia jadi pembalap kedua dalam sejarah F3 Makau yang menang berurutan selain Edoardo Mortara (2009-2010).

Start dari pole position, pembalap Swedia itu lolos dari gempuran pembalap di belakangnya. Tetapi ia sempat disalip Charles Leclerc, namun Rosenqvist kembali menyusulnya. Hingga finish di lap 15, Rosenqvist unggul 1,1 detik.

Pada balapan kali ini Rosenqvist terdaftar di tim SJM Theodore Racing by Prema Powerteam bermesin Mercedes. Theodore Racing adalah milik jutawan Teddy Yip kelahiran Medan, Indonesia.

Teddy Yip seorang pengusaha yang berperan mengembangkan Makau sebagai tujuan wisata. Ia memiliki tim balap F1 pada tahun ’70-an. Yip meninggal 2003 pada usia 96 tahun. Untuk F3 Makau, sejak 2013 tim Theodore Racing dimiliki oleh Teddy Yip Jnr. (otomotifnet.com)

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa