Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIRST IMPRESSION Mercedes-Benz GLE 400 AMG Coupé THE HUNCHBACK GLE

Otomotifnet - Senin, 23 November 2015 | 11:02 WIB

Enam tahun BMW X6 dibiarkan berkeliaran sendiri tanpa pesaing, kini The Three Pointed Stars siap menantang

Jakarta - Ingat Mercedes-Benz ML Class? Meski bersaing ketat dengan BMW X5 semenjak tahun 1999, namun SUV besar milik Daimler ini sempat membiarkan versi ‘bungkuk' dari X5 berjaya sendirian dari tahun 2009. Enam tahun, penggantian nama dan penambahan ‘Coupe' kemudian, GLE Coupé akhirnya menjawab permintaan pasar. Masyarakat Indonesia pun bisa menikmatinya juga setelah diluncurkan di Jakarta akhir bulan lalu (28/10).

Sebut itu ‘nyeleneh', ‘hunchback' atau apapun, yang jelas GLE 400 AMG Coupé bukan mobil yang akan terlewat begitu saja tanpa mendapat perhatian dari mata-mata di sekitarnya. Dimensi bongsor dengan panjang hampir 4,9 meter dan lebar lebih dari 2 meter memastikan kakak dari GLC ini sudah pasti memakan cukup banyak ruang di garasi rumah maupun di jalan.

Head lamp dari C Class W205 memastikan image-nya sebagai lansiran Mercedes terkini. Sedangkan grill, logo dan airdam besar menguatan kesan sporty AMG yang dipadu kemewahan dari chrome louvre memanjang di bawah grill radiator. Uniknya, desain ini justru membuat SUV berbobot 2.180 kg ini terlihat lebih kecil dari jauh.

Pelek palang 5 berkelir Titanium Grey berdiameter 21 inci dari AMG menambah kegarangan khas tuner Jerman itu, sekaligus menemani sloping roof line yang biasa ditemui di E Class Coupe atau S Class Coupe saja. Namun apakah bentuk taillights memanjang, bumper bawah dan dual muffler-nya membuat buritan terlalu terkesan ingin meniru X6? Anda jadi jurinya...

Ceritanya berbeda di dalam. Kesan yang ditimbulkan dasbor dengan center fascia menggembung langsung memberi tahu penumpang bongsornya dimensi GLE Coupé. Namun monitor 8 inci dari sistem hiburan COMAND ala C Class justru terlihat janggal seperti iPad yang diletakkan di tengah-tengah panel AC, apalagi tombol-tombol pengatur audio tengah mirip seperti A Class terasa sedikit mengurangi kemewahan.

Sisa interior mendapat kenyamanan dengan detail tinggi khas Mercedes, seperti dasbor yang dilapis kulit ARTICO dan jok dengan kulit Nappa hitam dan jahitan merah. Panoramic sunroof dan 14 speaker Harman Kardon menambah kesan mewah, sedangkan setir AMG tetap membawa aura sport ke dalam kabin.

Oh ya, atap dengan gaya kupe tadi? OTOMOTIF dengan tinggi badan 175 cm masih tidak ada masalah masuk ke belakang, hanya jarak kepala ke plafon sudah cukup dekat. Mungkin bukan pilihan yang tepat bagi yang mengidap clusterphobic.

Mentenagai karya Stuttgart terbaru ini adalah mesin V6 berkapasitas 2.996 cc yang dibantu oleh dua turbocharger hingga menghasilkan output maksimum 333 dk dan torsi 480 Nm. Dihubungkan ke transmisi 9G-TRONIC, Mercedes menang 1 angka dari BMW. Jati dirinya sebagai SUV juga diperkuat dengan penggerak 4MATIC yang mendistribusikan tenaga 50 ke depan dan 50 belakang.

Bagi yang tertarik, harga Rp 1,559 miliar (off the road) dari GLE 400 AMG Coupé ini juga ditemani oleh fitur-fitur keselamatan seperti Active Parking Assist, Distronic Plus dan Intelligent Light System dengan Highbeam Assist dan Collision Prevention Assist Plus. • (otomotifnet.com)

DATA SPESIFIKASI

Mesin V6 Bi-Turbo 2.996 cc Output Maksimum 333 dk @ 5.250 - 6.000 rpm Torsi Maksimum 480 Nm @ 1.600 - 4.000 rpm Transmisi Otomatis 9-percepatan 9G-TRONIC Dimensi (p x l x t) 4.891mm x 2.003 mm x 1.719 mm Wheelbase 2.915 mm Ground Clearance 200 mm Sistem kemudi Electric-assist, Speed-proportional, Rack and Pinion Power Steering Ukuran Ban Depan 275/45 R 21 dan Belakang 315/40 R21 Kapasitas Tangki 93 liter Harga Rp 1.559.000.000 off the road

 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa